Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/990
Title: Pengaruh tipe kepribadian big five terhadap kekecenderungan pembelian implsif pada konsumen online shopping
Authors: Wulandari, Suci
Advisors: Nisa, Yunita Faela
Issue Date: 5-Oct-2012
Publisher: Fakultas Psikologi
Series/Report no.: 0111-04-7601;1030 PSI p
Abstract: F) Sebagai makhluk yang memiliki kebutuhan hidup, manusia melakukan kegiatan belanja/pembelian untuk memenuhi segala kebutuhannya tersebut. Seiring dengan perkembangan zaman kegiatan belanja tidak lagi hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan hidup, melainkan telah menjadi gaya hidup yang berkembng di masyarakat. Seringkali kegiatan pembelian terjadi begitu saja (spontan) dan tidak dipikirkan masak-masak terlebih dahulu. Pembelian ini dikenal dengan pembelian impulsif. Banyak faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif, diantaranya adalah kepribadian. Perkembangan teknologi internet membuat para produsen melirik teknologi tersebut sebagai alat untuk memasarkan produk mereka. Maka mulai timbul kegiatan online shopping atau pembelian via online. Dengan segala kemudahan yang ditawarkan pada cara pembelian via internet ini, konsumen akan semakin mudah mengakses atau mencari barang-barang yang ia inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif antara tipe kepribadian Big Five terhadap kecenderungan pembelian impulsif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan jumlah sampel 122 orang konsumen online shopping. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian hipotesis mayor diperoleh bahwa 8 IV (lima dimensi kepribadian Big Five, usia, tingkat sosial ekonomi, dan jenis kelamin) berdampak signifikan terhadap DV (kecenderungan pembelian impulsif) dengan R2 sebesar 0,223. Dari hasil koefisien regresi hanya ada lima IV (dimensi agreeableness, conscientiousness, openness, usia, dan jenis kelamin) yang pengaruhnya signifikan terhadap kecenderungan pembelian impulsif, sehingga dari 8 hipotesis minor hanya ada lima IV yang me
Description: xii, 96 hal.; 28 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/990
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
There are no files associated with this item.


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.