Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/905
Title: Respon mahasiswa Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatulllah terhadap proses jual beli busana Muslimah melalui Facebook
Authors: Andri Ratih
Advisors: Musrifah Nurlaily
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Dakwah Dan Ilmu Kumonikasi, 2010
Series/Report no.: 0111-01-7106;2584 KPI d
Abstract: Facebook merupakan jejaring sosial yang paling banyak diakses masyarakat Indonesia, tidak terkecuali mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah. Tidak hanya berdampak negatif, tentunya facebook mengandung manfaat seperti menjalin silaturahmi dengan teman atau rekanan yang sudah lama tidak bertemu, mengetahui kabar, dapat berkomunikasi dalam jangka waktu yang sangat lama, menyebarkan nilai-nilai positif lainnya dan salah satunya dapat melakukan jual beli secara on-line melalui Facebook. Dalam proses jual beli dibutuhkan komunikasi interpersonal antara penjual dan pembeli agar terjalin satu pengertian bersama sehingga tujuan dari penjual ataupun pembeli tercapai, namun dalam jual beli melalui facebook prosesnya berbeda dengan jual beli pada umumnya yang mana penjual dan pembeli dapat bertemu langsung di tempat yang sama. Penelitian ini dibatasi hanya pada respon kognitif, afektif dan konatif terhadap proses jual beli busana muslimah yang dilakukan melalui jejaring sosial facebook, tidak melalui blog atau pun website lainnya. Adapun prosesnya dibatasi pada masalah komunikasi interpersonal yang meliputi interaksi antara penjual dan pembeli, serta pesan yang berupa foto-foto busana muslimah yang ditawarkan penjual sebagai barang yang diperjualbelikan. Berdasarkan pembatasan tersebut maka teori yang digunakan adalah teori respon dan komunikasi interpersonal. Berdasarkan latar belakang tersebut maka timbul pertanyaan: Bagaimana tingkat respon kognitif, afektif dan konatif yang diberikan mahasiswi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN terhadap proses jual beli busana muslimah yang dilakukan melalui Facebook? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berbentuk kuesioner dengan 45 butir pernyataan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah tahun angkatan 2008/2009 dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang berjumlah 191 mahasiswi, sedangkan sample diambil hanya 30% yaitu sebanyak 57 mahasiswi. Metode penarikan sampel secara acak atau random sampling dengan kriteria sampel sebagai berikut: mahasiswi FITK jurusan PAI, PBI dan PGMI tahun angkatan 2008/2009 yang memiliki akun facebook dan mengetahui adanya jual beli busana muslimah melalui facebook. Berdasarkan hasil penelitian respon mahasiswi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah terhadap proses jual beli busana muslimah melalui facebook, diperoleh hasil bahwa respon kognitif, afektif dan konatif yang diberikan mahasiswi FITK UIN terhadap proses jual beli busana muslimah yang dilakukan melalui facebook adalah tinggi karena nilai meannya lebih besar dari nilai standar deviasi yang telah ditentukan yaitu 1,4. Adapun perinciannya sebagai berikut: respon kognitif sebesar 53, respon afektif sebesar 44,7 dan respon konatif sebesar 22,3.
Description: vii, 61 hal.; 28 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/905
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ANDRI RATIH-FDK.pdf675.5 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.