Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/8640
Title: Pola komunikasi organisasi di balai besar meteorologi dan geofisika wilayah II Kampung Utan Tangerang
Authors: Dini Noviyanti
Advisors: Study Rizal
Keywords: Pola komunikasi
Publisher: UIN syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, 2009
Series/Report no.: 09-019-11-3874;2210 KPI d
Abstract: Pada skripsi ini, peneliti meneliti tentang pola komunikasi organisasi di Balai Besar Meteorologi dan Geofisika, pada Bidang Data dan Informasi. Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam pengelolaan organisasi dan pola komunikasi organisasi salah satu yang terpenting dalam manajemen, pengembangan sumber daya manusia, komunikasi perusahaan, serta tugas-tugas lain dalam suatu organisasi. Penelitian tentang pola komunikasi organisasi di Balai Besar Meteorologi dan Geofisika (BBMG) Wilayah II Kampung Utan secara umum bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi organisasi yang digunakan di Bidang Data dan Informasi, dan secara khusus untuk mengetahui komunikasi ke bawah, komunikasi ke atas, komunikasi horizontal, Bidang Data dan Informasi di BBMG Wilayah II, serta untuk mengetahui media yang digunakan oleh BBMG Wilayah II dalam pelayanan jasa memberikan Informasi kepada masyarakat. Bidang Data memiliki peran yang besar dalam mewujudkan visi BBMG yaitu “Terwujudnya BBMG yang tanggap dan mampu memberikan pelayanan meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika yang handal guna mendukung keselamatan dan keberhasilan pembangunan nasional serta berperan aktif ditingkat internasional”. Pada skripsi ini, penulis menggunakan metode kualitatif, yaitu memaparkan data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara terhadap Kepala Bidang Data dan Informasi, Kepala Subbidang Manajemen Data, Kepala Subbidang Pelayanan Jasa, Pokja Archiving Data Meteorologi, dan Pokja Climatological Early Warning system (CEWS). Sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penulis ikut terjun langsung kelapangan, BBMG Wilayah II untuk memperoleh data- data yang diperlukan. Pola komunikasi Organisasi Bidang Data dan Informasi adalah Komunikasi ke bawah, komunikasi ke atas, dan komunikasi horizontal. Komunikasi terjalin dengan baik, dilihat dari frekuensi pertemuan yang hampir setiap hari dan dengan tatap muka langsung, surat ataupun telepon yang dilakukan secara timbal balik atau dua arah. Media yang digunakan oleh BBMG Wilayah II untuk memberikan pelayanan jasa informasi yaitu melalui website, telepon, fax, email, menggunakan media cetak, seperti brosur dan koran, ataupun dengan datang langsung ke BBMG Wilayah II.
Description: xi, 61 p.; 28 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/8640
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DINI NOVIYANTI-FDK.pdf1.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.