Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/742
Title: Analisis wacana karakteristik islam rubrik mutiara dakwah pada majalah Ummi edisi maret-Juni 2009
Authors: Erma Mulyana
Advisors: Asep Usman Ismail
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 2010
Series/Report no.: 0110-07-6311;2436 KPI d
Abstract: Zaman metropolis mengakibatkan terkikis moral masyarakat, karena itu diperlukan bacaan yang dapat memberikan inspirasi. Akan tetapi majalah yang ada, tidak semuanya mengandung muatan agama. Majalah ummi merupakan salah satu majalah Islam berdakwah melalui tulisan menyebarkan seruan kebaikan kepada pembaca. Ummi memuat rubrik mutiara dakwah membahas tentang fiqhudda’wah (mengenai hukum-hukum yang berlaku dalam agama guna menjadikan masyarakat berazaskan Islam). Oleh karena itu, perlu diketahui wacana karakteristik Islam rubrik mutiara dakwah menurut sudut pandang penulis. Rubrik mutiara dakwah membahas tentang karakteristik Islam. Untuk mengetahui hal tersebut, maka diajukan beberapa pertanyaan, Bagaimana wacana yang dikonstruksi oleh rubrik Mutiara Dakwah pada majalah Ummi Edisi Maret–Juni 2009 tentang Karakteristik Islam? Bagaimana kognisi sosial dan konteks sosial yang melatarbelakangi wacana yang dibentuk majalah Ummi tentang karakteristik Islam rubrik mutiara dakwah? Untuk menjawab pertanyaan yang telah diajukan sebelumnya, maka dilakukan penelitian. Penulis dalam mewacanakan tulisannya disesuaikan dengan struktur teks, dan berdasarkan sesuatu yang melatarbelakanginya. Adapun subjek penelitian adalah majalah Ummi. Objek penelitian adalah Karakteristik Islam rubrik mutiara dakwah edisi Maret-Juni 2009. Penelitian dilakukan dengan pengumpulan data melalui observasi teks, wawancara, kemudian dianalisa dengan metode analisis wacana Teun A. Van Djik. Analisis wacana Van Dijk mempunyai tiga dimensi yaitu : teks (bagaimana struktur teks dan strategi wacana yang dipakai untuk menegaskan sesuatu tema). Kognisi sosial (dipelajari proses produksi teks berita melibatkan kognisi individu). Konteks sosial (mempelajari bangunan wacana yang berkembang dalam masyarakat). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif eksplanatif, bertujuan mencari sebab dan alasan ”mengapa”. Di antaranya menjelaskan secara akurat mengenai satu bahasan topik, menghubungkan topik-topik yang berbeda namun memiliki kesamaan, dan membangun atau memodifikasi sebuah teori dalam topik baru. Berdasarkan konteks diteliti dari segi tema, skematik, dll, menjadikan tulisan memiliki makna. Kognisi sosial dapat dilihat bagaimana suatu teks diproduksi sehingga menghasilakan tulisan yang diwacanakan. Sedangkan konteks sosial yaitu latar belakang dari tulisan yang dibuat, sehingga memberikan jawaban atas sesuatu yang terjadi dalam masyaratakat. Kesimpulannya, majalah Ummi berdakwah melalui tulisan. Sedangkan katakteristik Islam rubrik mutiara dakwah memaparkan bahwa agama Islam adalah agama yang khas yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah
Description: iii, 67 hal.; 28 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/742
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ERMA MULYANA-FDK.pdf528.67 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.