Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/6996
Title: Pengembangan kurikulum pendidikan agama islam di sekolah alam
Authors: Herawati, Evi
Advisors: Suparto
Issue Date: 5-Oct-2012
Publisher: Jakarta : Program Pascasarjana Uin Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Kesimpulan besar dari tesis ini adalah bahwa Pembaharuan yang dilakukanSchool of Universe adalah mengembangkan kurikulum. Penekanan pengembangankurikulum terletak pada: Pertama, materi pembelajaran yang dikaitkan dengankehidupan sehari-hari siswa (kontekstual). Kedua, metode pembelajaran yang mengutamakan praktek dan pengalaman. Ketiga, evaluasi pembelajaran yang berbasis proses. Pengembangan kurikulum dilakukan melalui proses pendidikan yang dibentuk dengan cara menyatu dengan alam (konversi alam) dan berorientasi pada pembentukan moral atau kepribadian bukan sekedar sisi kognitif, sebagaimana yang telah diterapkan di School of Universe. Tesis ini menolak keberadaan sekolah-sekolah formal yang hanya mengandalkan teori-teori tanpa menyentuh alam dan berorientasi pada kekuatan kognitif. Penelitian ini mendukung pembaharuan pendidikan, salah satunya Malik Fadjar (Reorientasi Pendidikan Islam, 1999) yang mengatakan bahwa keberhasilan pendidikan Islam tidak cukup diukur seberapa jauh anak menguasai hal-hal yang bersifat kognitif atau pengetahuan tentang ajaran atau ritus-ritus keagamaan semata. Namun yang lebih penting seberapa jauh tertanam nilai-nilai keagamaan tersebut terwujud nyata dalam tingkah laku anak sehari-hari.
Description: Vii,194 Hal.; 28 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/6996
Appears in Collections:Disertasi

Files in This Item:
There are no files associated with this item.


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.