Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/681
Title: Strategi dakwah radio wadi 102 FM dalam meningkatkan program siaran radio
Authors: Melisa Nursodiyanti
Advisors: Nasichah
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 2010
Series/Report no.: 0110-06-5956;2406 KPI d
Abstract: Dakwah adalah mengajak, berarti menganjurkan, menyarankan, meminta bahkan memerintahkan ummat Islam untuk meningkatkan perannya dalam kegiatan keagamaan didalam agama Islam. Dakwah adalah menyeru kepada kebaikan dan menghindari keburukan. Posisi dakwah memiliki peranan penting didalam aktifitas masyarakat sehingga perlu dilakukan berbagai mediasi untuk meningkatkan kegiatan dakwah tersebut. Namun kadang kala cara dan tujuan dakwah tidak dilakukan dan diarahkan secara tepat sehingga hasil yang digunakan tidak memadai, berkaitan dengan masalah diatas, radio Wadi merupakan salah satu media elektronik yang difungsikan untuk berdakwah dan memiliki peran penting sehingga tujuan dakwah tercapai. Penulis melihat bagaimana strategi dakwah radio Wadi Fm dalam meningkatkan program siaran radio sehingga radio tersebut bisa menyuguhkan program-program secara berkualitas. Dalam penelitian ini, penulis merumuskan masalah yang dibahas dalam skripsi ini sebagai berikut, pertama, bagaimana strategi dakwah Wadi 102 Fm dalam meningkatkan program siaran radio dan kedua, bagaimana pengaruh strategi dakwah Wadi 102 Fm dalam meningkatkan program siaran radio. Metodologi dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskripif yaitu berdasarkan data-data yang diperoleh dan sumber-sumber tertulis mengenai pokok permasalahan yang dikaji. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap strategi dakwah radio Wadi 102 Fm Bogor. Proses strategi radio Wadi 102 Fm dalam meningkatkan program siaran radio menggunakan analisis SWOT, yaitu identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi lembaga dakwah. Analisa ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats). Dalam melakukan serangkaian penelitian, penulis menyimpulkan bahwa strategi dakwah radio wadi 102 fm menyangkut perumusan strategi radio Wadi memiliki visi dan misi yang jelas dalam suatu strategi, sehingga analisa SWOT dapat berjalan dengan baik sesuai apa yang diharapkan Wadi Fm dalam suatu program siaran radio. Dan dalam pengaruh strategi tersebut membuat dampak yang sangat bermanfaat, guna menarik pendengar supaya Stay tune dengan program-program andalan radio Wadi 102 Fm Bogor. i
Description: i, 74 hal.; 28 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/681
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MELISA NURSODIYANTI-FDK.pdf423.46 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.