Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/6335
Title: Konsep Ukhuwah sebagai paradigma pendidikan Humanistiks
Authors: Supriadi, Isep
Advisors: Suparto
Issue Date: 5-Oct-2012
Publisher: Sekolah Pasca Sarjana
Series/Report no.: 0210-09-6677;1194 PPS T
Abstract: Kesimpulan besar tesis ini bahwa dalam konsep ukhuwah terdapat nilai-nilai pedagogikhumanistik yang perlu ditransformasikan dan diinternalisasikan melalui proses pendidikan, karena pendidikan merupakan proses hominisasi dan humanisasi seseorang dalam kehidupan keluarga dan masyarakat yang berbudaya. Konsep ukhuwah sebagai suatu ajaran persaudaraan dalam Islam dapat dikonstruksi sebagai paradigma pendidikan humanistik atau dengan kata lain, konsep ukhuwah dijadikan sebagai dasar bagi bangunan sistem pendidikan Islam ke arah pembebasan dan humanisasi. Tesis ini mendukung pendapat Yusuf Qardhawi, M.Quraish Shihab, Nurcholish Madjid, Syafi’i Ma’arif, A. Malik Fajar, Iskandar Engku, Ali Nurdin, Imam Tholkhah, John L. Kraemer, Paulo Freire, Muhammad ‘Ati} yah Al-Abrashi, H.A.R.Tilaar, Samsul Nizar, Fattah Hanurawan, dan Neneng Nurjanah. Para peneliti ini sepakat bahwa pendidikan adalah proses humanisasi yang didasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan itu sendiri, yaitu upaya mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik, baik secara fisik-biologis maupun ruhaniah-psikologis. Dalam praksisnya, proses pendidikan perlu dilakukan dengan cara-cara yang humanis. Namun tesis ini berbeda dengan peneliti sebelumnya yang lebih memfokuskan pada konsep pendidikan humanistik dan metode pembelajaran humanistik secara kontekstual. Sementara penelitian ini memfokuskan pada konsep ukhuwwah dalam Islam yang di dalamnya terdapat nilai-nilai yang relevan dengan nilai-nilai kemanusiaan atau humanisme, antara lain: nilai persamaan-egalitarian (al-Musa>wah), tolong menolong (al-Ta’aw> un), dan saling mencintai (al-Hu} bb) antarsesama manusia. Di sinilah relevansinya bahwa konsep ukhuwah dapat dikonstruksi sebagai paradigma pendidikan humanistik. Tesis ini membantah pendapat Muhammad Mahdi Akif (tokoh Ikhwanul Muslimin) tentang konsep ukhuwwah Isla>miyya h. Ikhwanul Muslimin mendasarkan konsep ukhuwwah pada kesamaan aqi>da h. Penulis berpendapat bahwa ukhuwah tidak hanya didasarkan pada kesamaan aqi>da h. Tetapi penulis berpendapat bahwa ukhuwwah itu didasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan yang bersifat universal, tidak dibatasi oleh keyakinan yang sama di antara sesama manusia. Hal ini terlihat pada deretan ayat tentang ukhuwwah (QS.Al-Hu} jurat> , [49]:9-13) diturunkan dalam konteks pluralitas bukan ketunggalan. Bagaimanapun relaitas sosial dalam masyarakat terdiri dari pribadi-pribadi dengan latar belakang biografi, sosial dan budaya yang berbeda-beda, termasuk perbedaan keyakinan atau kepercayaan (aqid> ah). Kesimpulan di atas diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Dalam penelitian ini data utamanya adalah al-Qur’an dan Hadis tentang ukhuwah, pendapat pakar teoritisi yang dipandang otoritatif tentang konsep ukhuwah dan konsep pendidikan humanistik, serta pendapat tokoh-tokoh gerakan ormas Islam yang dianggap mewakili institusinya. Selain itu, sumber tertulis berupa buku-buku, majalah ilmiah, disertasi atau tesis yang berkaitan dengan konsep ukhuwah dan konsep pendidikan humanistik sebagai data sekunder. Data-data tersebut diperoleh melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi literatur. Semua data yang diperoleh disusun secara sistematis, kemudian dianalisis secara komprehensif dengan pendekatan analisis data kualitatif deskriptif dengan acuan teori yang dibangun sebelumnya. Melalui kajian deskriptif analitik dan deskriptif interpretatif yang dilakukan maka terbangun pemahaman komprehensif tentang ukhuwah sebagai paradigma pendidikan humanistik.
Description: ii: 191 hal.; 20 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/6335
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
There are no files associated with this item.


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.