Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/6251
Title: Paradigma baru pembelajaran PAI telaah keberhasilan model dsl (dakwah sistem langsung) di SMK Negeri 8 Jakarta
Authors: Abd Rahman
Advisors: Suparto
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Sekolah Pasca Sarjana, 2010
Series/Report no.: 0211-11-10620;1207 PPS T
Abstract: Tesis ini membuktikan keberhasilan penerapan Model DSL di SMK Negeri 8 Jakarta, antara lain: 1). 100 % seluruh peserta didik lulus UN dan US. 2). 99,99 % seluruh peserta didik kompeten dalam Al Qur’an. 3). Lebih 100 % siswi muslimah memakai jilbab (kondisi awal 45 menjadi 100 siswi pada kondisi akhir). 4). 86 % peserta didik melaksanakan shalat fardhu berjamaah sesuai standar, sisanya (14 %) belum mencapai standar. Namun, jika mengikuti KKM PAI sebesar 75, maka 99,99 % peserta didik sudah melaksanakan shalat berjamaah sesuai standar, sisanya (hanya 1 siswa, dengan nilai 62) yang belum mencapai standar. Keberhasilan tersebut, memperkuat kembali hasil-hasil penelitian sebelumnya, antara lain: 1). Balitamas: Model DSL merupakan bayi ajaib yang baru lahir untuk menjawab keraguan masyarakat terhadap hasil pembelajaran PAI pada sekolah. 2). Dede Rosyada: Model DSL, sampai saat ini, menjadi model paling fenomenal. 3). Siti Maryam Thohary: Model ini merupakan strategi pembelajaran PAI yang integral dan komprehenship; menerapkan inovasi dan improvisasi pembelajaran; serta Model ini berbasis kompetensi dan menyentuh 3 (tiga) ranah penilaian (kognitif, afektif dan psikomotor. Kesimpulan ini, membuktikan ketidakbenaran kritik sebagian pakar dan pemerhati Pendidikan Islam, antara lain: A. Malik Fadjar, Komaruddin Hidayat, Mastuhu, Muhaimin, dll. yang pada dasarnya sangat prihatin tentang kondisi Pendidikan Islam yang lebih cenderung normatif, teologis dan kognitif, mengabaikan aspek afektif, dimensi nilai, esoteris dan moralitas. Sumber tesis ini menggunakan metode library research, yaitu menelaah literatur sesusai masalah yang dibahas, mulai buku, dokumen, arsip, majalah, jurnal, laporan, data statistik, sampai pada foto. Data tersebut, dibagi 2: a). Data Primer, berupa data yang dimiliki Tim Imtaq (sebagai perumus Model DSL), dan data lain yang relevan, baik langsung maupun tidak langsung. b). Data Sekunder, berupa beberapa referensi yang berhubungan dunia pembelajaran PAI pada sekolah.
Description: i, 165 hal.; 22 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/6251
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
ABD.RAHMAN-SPS-TES2.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.