UIN Repository
 

Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta >
01 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan >
0110 Pendidikan Agama Islam >
Skripsi >

Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/594

Title: Persepsi siswa terhadap kepribadian guru PAI dan hubungannya dengan sikap keberagaman siswa di SMAN 2 Cibinong
Advisor: Dr. Sururin, M.Ag.
Authors: Aminah, Siti
Issue Date: 5-Oct-2012
Publisher: Uin Syarif Hidayatullah.Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan
Series/Report no.: 0110-04-5365;6031 PAI t
Abstract: ABSTRAK Nama : Siti Aminah NIM : 105011000202 Fak/Jur : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Judul : Persepsi siswa Terhadap Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dan Hubungannya dengan Sikap Keberagamaan Siswa di Sekolah Menengah Atas Negri 2 Cibinong Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mengkaji Persepsi siswa Terhadap Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dan Hubungannya dengan Sikap Keberagamaan Siswa di SMAN 2 Cibinong. Secara operasional yang dimaksud dengan Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam pada penelitian ini adalah keseluruhan aspek fisik dan psikis atau unsur-unsur psikofisis dari seorang guru yang menentukan caranya yang unik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan. Yang dimaksud dengan sikap keberagamaan siswa dalam penelitian ini adalah suatu keadaan yang ada dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk bertingkah laku yang mencerminkan kepatuhan dan ketundukan terhadap ajaran-ajaran agama serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya Semakin baik kepribadian guru pendidikan agama Islam, maka semakin baik juga sikap keberagamaan siswa. Sebaliknya jika kepribadian guru pendidikan agama Islam tidak baik maka tidak baik juga sikap keberagamaan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Cibinong dari bulan Desember-Januari 2010. yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SMAN 2 Cibinong dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa/i SMAN 2 Cibinong kelas XI dengan jumlah 45 orang. Ini merupakan sebagian dari populasi yang jumlahnya 300 orang siswa/i SMAN 2 Cibinong. Data tentang persepsi siswa terhadap kepribadian guru dan tentang sikap keberagamaan siswa diperoleh berdasarkan angket yang diisi oleh siswa/i SMAN 2 Cibinong. Metode analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment dari Pearson dengan taraf 5%. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh r hitung sebesar 0,382. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan r table dengan df = 43 taraf signifikansi 5% adalah 0,288, berarti r hitung lebih besar dari pada r table. Dengan demikian hipotesis nol yang menyatakan tidak ada hubungan antara persepsi siswa terhadap kepribadian guru PAI dengan sikap keberagamaan siswa ditolak karena tidak teruji kebenarannya maka hipotesis alternative diterima. Dari koefisien korelasi product moment sebesar 0,382 menghasilkan koefisien determinasi 14,44 %, ini berarti kepribadian guru PAI memberikan kontribusi terhadap sikap keberagamaan siswa sebesar 14,44%. Adapun sisanya adalah faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi sikap keberagamaan siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kepribadian guru pendidikan agama Islam memiliki pen
Description: x, 135 hal.; 28 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/594
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:

There are no files associated with this item.

Items in UIN Repository are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.