Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53150
Title: Variasi Bahasa Penggunaan Media Sosial Instagram Siswa SMA dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Authors: Tasya Nanda Chinita
Advisors: Nuryani
Keywords: Variasi Bahasa;Media Sosial;Instagram
Issue Date: 13-Mar-2020
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Skripsi ini meneliti tentang variasi bahasa penggunaan media sosial Instagram siswa SMA dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi bahasa siswa dalam menggunakan media sosial Instagram. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui data yang didapat dari status Instagram yang ditulis oleh siswa SMA. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah teknik observasi dan dokumentasi, lembar dokumentasi dianalisis. Instrumen dalam penelitian ini adalah meminta, mengumpulkan, serta mengamati status Instagram siswa dan dokumentasi penulisan status di media sosial Instagram dalam bentuk Screen Shoot. Simpulan penelitian meliputi variasi bahasa dari segi keformalannya yang termasuk ke dalam jenis ragam santai dan jenis ragam akrab. Variasi bahasa penggunaan media sosial Instagram yang digunakan siswa SMA yaitu variasi bahasa dari segi keformalannya yang termasuk ke dalam jenis ragam santai atau kasual. Hal ini terlihat dari kata atau kalimat keterangan foto (caption) yang dituliskan pengguna akun dalam unggahannya. Berdasarkan persentase sebanyak 40 siswa atau 89,18% hubungan kekerabatannya yang terlihat dari unggahan pengguna akun Instagram. Hal ini terlihat dari kata atau kalimat keterangan foto (caption) yang dituliskan pengguna akun dalam unggahannya. Implikasi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA yaitu siswa dapat menerapkan materi menulis karangan narasi salah satu contohnya menulis cerpen. Siswa dapat menentukan topik pembahasaan dalam cerpen yang dibuatnya, mengetahui untuk siapa cerpen itu dibuat, serta maksud dalam cerpen tersebut. Dengan demikian, pemilihan kata dapat disesuaikan dengan variasi bahasa yang digunakan berdasarkan tema dari cerpen yang akan dibuat.
Description: viii, 96
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53150
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Skripsi Tasya N. Chinita - WATERMARK.pdf8.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.