Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53148
Title: PROBLEMATIKA PERUNDUNGAN DAN STRATEGI PEMECAHANNYA MELALUI AKTIVITAS KEAGAMAAN DI SMP INSAN RABBANY BSD TAHUN PELAJARAN 2019-2020
Authors: miftahul Jannah
Advisors: Abdul Mu'ti
Keywords: problematika;perundungan;aktivitas keagamaan
Issue Date: 18-Aug-2020
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini membahas tentang problematikan perundungan yang terjadi di SMP Insan Rabbany dan strategi penyelesaiannya melalui aktivitas keagamaan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai kasus perundungan yang terjadi dalam dunia pendidikan khususnya di Indonesia. Tentunya setiap sekolah memiliki strategi dalam meminimalisir terjadinya praktek perundungan, termasuk di SMP Insan Rabbany. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah, (1) Penyebab perundungan di sekolah yang meliputi faktor, dampak, pelaku dan korban perundungan (2) langkah dan solusi dalam mencegah dan mengatasi perundungan melalui kegiatan keagamaan di SMP Insan Rabbany. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Adapun penelitian ini dilakukan melalui penelitian lapangan (field reseach) yang dilakukan melalui pengamatan langsung ke lokasi yang dijadikan obyek penelitian yang berorientasi pada temuan atau gejala yang bersifat alami, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang menunjang penelitian. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa problematika perundungan terjadi di SMP Insan Rabbany yang meliputi; 1) bentuk bentuk perundungan terjadi secara fisik, verbal dan cyberbullying, 2) faktor perundungan di SMP Insan Rabbany dilatarbelakangi oleh faktor internal yang muncul karena faktor psikologis dan faktor dalam diri pelaku, selain itu dilatarbelakangi juga oleh faktor eksternal yang muncul karena hubungan yang tidak seimbang antara junior-senior, hubungan pergaulan antar teman dan kelompok pertemanan, 3) dampak perundungan yang terjadi menyebabkan korban merasa menarik diri dari interaksi sosial, merasa dipojokkan hingga ada korban yang pindah sekolah, 4) sasaran korban perundungan biasanya terjadi kepada siswa yang pendiam, caper, dan siswa yang dianggap legih lemah, 5) pelaku perundungan biasanya dilakukan oleh siswa yang iseng, memiliki kelompok pertemanan yang dominan dan siswa yang pernah menjadi korban perundungan. Dari berbagai problematika perundungan yang terjadi SMP Insan Rabbany memiliki langkah dan solusi dalam meminimalisir dan menangani kasusu tersebut.
Description: III, 92
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53148
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
21160110000029 - Miftahul Jannah Water mark.pdf8.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.