Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53001
Title: pengaruh promosi, tarif premi, manfaat produk, persepsi dan pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah asuransi jiwa syariah (studi kasus pada pt. takaful keluarga cabang bintaro)
Authors: Titis Zunatul Islami
Advisors: Fahmi Muhammad Ahmadi
Keywords: promosi, tarif premi, manfaat produk, persepsi, pelayanan dan keputusan menjadi nasabah.
Issue Date: Mar-2017
Publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, tarif premi, manfaat produk, persepsi, dan pelayanan sebagai variabel independen dan keputusan menjadi nasabah asuransi jiwa syariah sebagai variabel dependen. Apakah dari kelima variabel independen tersebut terdapat pengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah asuransi jiwa syariah secara parsial (individu) maupun secara simultan (keseluruhan). Dengan responden yang diteliti yaitu nasabah asuransi Takaful Keluarga dengan jumlah responden sebanyak 135 responden. Teknik analisis yang digunakan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, serta uji determinasi dengan menggunakan program SPSS Versi 20.00. Kesimpulan dari analisis yang dilakukan adalah sebagai berikut: (1) berdasarkan uji parsial (individu), maka dapat diketahui diantara variabel Promosi (X1), Tarif Premi (X2), Manfaat Produk (X3), Persepsi (X4) dan Pelayanan (X5). Dari ke lima variabel tersebut yang mempunyai pengaruh dari yang terbesar sampai yang terkecil adalah variabel Pelayanan (X5) dengan besarnya nilai koefisien regresi dengan hasil t-hitung 8,753 > t-tabel 1.978, variabel Tarif Premi (X2) dengan nilai t-hitung 4,104 > t-tabel 1.978, variabel Persepsi (X4) dengan hasil 3,089 > t-tabel 1.978, dan variabel Manfaat Produk (X3) dengan nilai 2,377 < t-tabel 1.978. Pada variabel Promosi (X1) dengan nilai -1,840 < t-tabel 1.978 yang tidak ada pengaruhnya terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Asuransi Jiwa Syariah. (2) berdasarkan hasil uji simultan (keseluruhan) bahwa ditemukan dari lima variable independen yaitu Promosi, Tarif Premi, Manfaat Produk, Persepsi, dan Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Asuransi Jiwa Syariah yaitu memiliki nilai sebesar 38,911 > 2.28. Variabel yang paling berpengaruh adalah variabel Pelayanan. Berdasarkan analisis regresi linier berganda didapatkan Adjusted R Square yaitu 0,539 atau 53,9% yang berarti bahwa variabel Promosi, Tarif Premi, Manfaat Produk, Persepsi, dan Pelayanan memiliki pengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah asuransi jiwa syariah sebesar 53,9%, sedangkan sisanya sebesar 46,1 % dijelaskan oleh faktor lain.
Description: xiv ; 75 hal ; 30cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53001
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
TITIS ZUNATUL ISLAMI-FEB.pdf2.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.