Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52722
Title: Faktor-faktor yang berhubungan dengan penyakit pneumonia pada balita di wilayah kerja puskesmas pamulang tahun 2018
Authors: Sonia Qori Safitri
Advisors: Catur Rosidati
Keywords: Pneumonia balita, BBLR, status gizi, riwayat imunisasi, konsumsi vitamin A, ventilasi udara, suhu, status merokok anggota keluarga. Daftar bacaan : 130 (1996-2018)
Issue Date: May-2019
Publisher: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Pneumonia balita di Indonesia masih menjadi masalah kesehatan utama. Hal ini terlihat dengan tingginya angka morbiditas dan motalitas pneumonia balita. Salah satu upaya untuk menurunkan kasus pneumonia adalah dengan mengetahui faktor risiko yang menyebabkan terjadinya pneumonia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian pneumonia pada balita di wilayah kerja Puskesmas Pamulang tahun 2018. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 124 responden dan didapat dengan metode accidental sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi lingkungan serta didukung oleh data rekam medis atau formulir MTBS responden untuk melihat diagnosis, dan buku KIA untuk memastikan riwayat karakteristik balita. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat (uji chi square dengan α=0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 64 (51,6%) responden menderita pneumonia. Terdapat hubungan signifikan antara BBLR (p=0,015), status gizi (p=0,002), riwayat imunisasi (p=0,033), konsumsi vitamin A (p=0,001), ventilasi udara (p=0,004), suhu (p=0,010), dan status merokok anggota keluarga (p=0,003). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah masih banyak balita yang terkena pneumonia di wilayah kerja Puskesmas Pamulang yang dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berasal dari penderita sendiri dan lingkungannya. Saran bagi Puskesmas Pamulang untuk memberikan edukasi kepada orangtua terkait upaya pencegahan pneumonia terutama dalam hal pemberian nutrisi dan kebiasaan membuka ventilasi udara serta bahaya rokok.
Description: xvii ; 155 hal ; 30 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52722
Appears in Collections:Skripsi
Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SONIA QORI SAFITRI-FIKES.pdf3.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.