Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52599
Title: Pengaruh orientasi beragama, iklim kelas dan variabel demografi terhadap perilaku menyontek siswa MAS/MAN di Tangerang Raya
Authors: Nia Listiani Aprilliani
Advisors: Solicha
Keywords: perilaku menyontek;tujuan penelitian;pengukuran;hasil penelitian
Issue Date: 27-Jul-2020
Publisher: Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel orientasi beragama intrinsik, orientasi beragama ekstrinsik personal, orientasi beragama ekstrinsik sosial, keterlibatan, afiliasi, orientasi tugas, keteraturan dan pengorganisasian, kompetisi, kejelasan peraturan, kontrol guru, dukungan guru, inovasi, variabel demografi jenis kelamin dan kegiatan ekstrakurikuler terhadap perilaku menyontek pada siswa MAS/MAN di Tangerang Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Sampel berjumlah 211 siswa MAS/MAN di Tangerang Raya yang diambil dengan teknik non probability sampling, yakni purposive sampling. Peneliti menggunakan alat ukur yang disusun sendiri dari teori Taxonomy for Cheating Scale, mengadaptasi pengukuran E/I Religiousty Measurement dan memodifikasi pengukuran Classroom Environment Scale (CES). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh orientasi beragama, iklim kelas dan variabel demografi terhadap perilaku menyontek siswa MAS/MAN di Tangerang Raya. Hasil penelitian juga menunjukkan proporsi varian seluruh independen variabel adalah sebesar 37,3, sedangkan 62,7 sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Hasil uji hipotesis menunjukkan lima variabel independen memberikan pengaruh signifikan terhadap perilaku menyontek, yaitu keterlibatan, afiliasi, keteraturan dan pengorganisasian, kompetisi dan jenis kelamin. Sedangkan orientasi intrinsik, orientasi ekstrinsik personal, orientasi ekstrinsik sosial, orientasi pada tugas, kejelasan peraturan, kontrol guru, dukungan guru, inovasi dan keikutsertaan ekstrakurikuler tidak berpengaruh terhadap perilaku menyontek siswa. Peneliti berharap implikasi dari hasil penelitian ini dapat dikaji kembali dan dapat dikembangkan pada penelitian selanjutnya. Misalnya, dengan menambah variabel lain yang terkait dengan perilaku menyontek yang dapat dianalisis sebagai IV yang mungkin mempunyai pengaruh besar terhadap perilaku menyontek. Lalu, untuk penelitian selanjutnya dapat mempertimbangkan independent variable, seperti variabel demografi yaitu etnis dan status sosial ekonomi. Selain itu, faktor karakteristik kepribadian individu yaitu impulsivitas, skill dan tipe kepribadian untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku menyontek.
Description: xv, 112 hlm. ; 29 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52599
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NIA LISTIANI APRILLIANI-FPSI.pdf1.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.