Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52305
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMuslihid
dc.contributor.authorAshri Mubayyinid
dc.date.accessioned2020-09-16T07:37:12Z-
dc.date.available2020-09-16T07:37:12Z-
dc.date.issued2020-08-14-
dc.identifier.urihttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52305-
dc.description.abstractPenelitian ini menganalisis dan mengelaborasikan sistem pendidikan karakter anak dengan nilai-nilai Qur`ani. Penelitian ini berawal dengan melihat fenomena terhadap banyaknya kemerosotan moral yang terjadi di era modern ini. Hal tersebut mengarahkan kepada asumsi dasar penulis bahwasanya fenomena tersebut terjadi karena mereka kurang memperhatikan nilai-nilai agamis sebagai pedoman hidup, karena agama melalui teks-teks keberagamaannya dirasa mampu menjadi solusi dari berbagai kompleksitas yang ada di masyarakat, di antaranya ialah pendidikan karakter anak. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif-analitik dengan pendekatan pendidikan karakter untuk sekedar mengetahui sisi nilai ajar yang terkandung di dalam al-Qur`an. Melalui teknik kepustakaan, penelitian ini menjadikan Tafsir Al-Misbah QS. Al- Baqarah: 83 sebagai sumber utama penelitian, sedangkan kitab, buku, serta jurnal yang relevan dipilih sebagai sumber sekunder. Penelitian ini menyimpulkan bahwasanya keterkaitan antara fenomena kemerosotan moral anak-anak direpresentasikan dengan cara Allah membimbing Bani Israil agar terhindar dari kedurhakaan melalui dua cara secara garis besar: 1) Sisi religiusitas, dengan melakukan relasi baik dengan Allah, dan 2) Sisi humanitas, dengan melakukan relasi baik dengan manusia sekitar. Sisi religiusitas menjadi salah satu elemen yang membentuk sisi moralitas anak, karena ia dapat menumbuhkan sisi mentalitas anak menjadi lebih baik dengan menjadi pribadi yang percaya diri, semangat dan penuh harapan. Sisi humanitas diekspresikan secara bertahap, dimulai dari yang terkecil hingga ranah yang lebih besar: keluarga, kerabat, lingkungan sosial. Dan yang ditekankan ialah kepekaan sosial di kalangan masyarakat, supaya tidak terjadi ketimpangan sosial dan ekonomi.id
dc.language.isoidid
dc.titlePENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN ( STUDI TAFSIR AL-MISBAH QS Al- BAQARAH:83 )id
dc.typebachelorThesisid
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Br SKRIPSI Ashri Mubayyin.pdf2.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.