Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52280
Title: Pengaruh Metode Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Teori Kinetik Gas
Authors: Sukma Okto Rosida
Advisors: Kinkin Suartini
Keywords: Metode Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS);Kemampuan kognitif,;Teori Kinetik Gas
Issue Date: 12-Jun-2020
Publisher: Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh metode Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi teori kinetik gas. Penelitian ini dilakukan pada semster genap tahun ajaran 2019/2020 di MA Manbaul Ulum 06 Serpong. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok sampel, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain non-equivalent control group dan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik non-parametrik dari Mann Whitney yang dilakukan pada data posttest, pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) (0,00). Terlihat bahwa nilai Sig. (2-tailed) < nilai taraf signifikansi (0,05), sehingga H0 ditolak. Artinya metode Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terbukti berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52280
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
1113016300056_Sukma Okto Rosida - Sukma Okto Rosida.pdf1.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.