Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52278
Title: Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP dan SMA Pada Mata Pelajaran Fisika (Penelitian Deskriptif di Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2018/2019)
Authors: Hikmah Fajriyah
Advisors: Iwan Permana Suwarna
Keywords: keterampilan berpikir kreatif,;ketercapaian;konsep fisika;jenis kelamin
Issue Date: 6-May-2020
Publisher: Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang keterampilan berpikir kreatif siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri dan Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Tangerang Selatan pada Mata Pelajaran Fisika tahun ajaran 2018/2019. Penelitian berlangsung pada bulan Maret sampai Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Gambaran berpikir kreatif tersebut dilakukan disembilan SMP Negeri dan Sembilan SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Sampel yang digunakan yaitu kelas IX dan kelas X. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kreatif dalam bentuk uraian dan non tes berupa angket kepada siswa, serta wawancara kepada guru. Hasil penelitian menunjukkan: Keterampilan berpikir kreatif siswa SMP dan SMA di Kota Tangerang Selatan pada mata pelajaran Fisika berdasarkan ketercapaian: berkategori rendah (skor siswa SMP 10.43 (26%) dan SMA 14.42 (36%)) dengan skor maksimal 40. Keterampilan berpikir kreatif berdasarkan aspek indikator: aspek berpikir orisinal (Originality) menempati skor tertinggi sebesar 1.60 (40%), aspek berpikir lancar (Fluency) menempati posisi kedua sebesar 1.19 (30%), aspek berpikir terperinci (Elaboration) dengan 1.18 (29%), aspek berpikir luwes (Flexibillity) menempati posisi terendah dengan 1.09(27%). Keterampilan berpikir kreatif berdasarkan konsep: nilai rerata tertinggi yaitu gerak pada benda dengan skor 1.74 dan nilia rerata terendah yaitu optik dengan skor 0.80, rerata skor keseluruhan konsep yaitu 1.25 dengan kategori rendah. Keterampilan berpikir kreatif berdasarkan jenis kelamin: siswa perempuan lebih baik dibandingkan siswa laki-laki pada jenjang SMP maupun SMA, dengan skor rerata perempuan 12.70 dan rerata skor laki-laki 12.16 dengan kategori rendah. Penelitian yang dilakukan dapat menjadi gambaran mengenai keterampilan berpikir kreatif siswa usia 14 – 16 tahun yang berada di kota Tangerang Selatan. Data yang diperoleh dapat dijadikan dasar dalam melakukan perbaikan sehingga keterampilan berpikir dapat meningkat dan siswa dapat bersaing di abad 21.
Description: xvi, 127
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52278
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
1113016300033_HIKMAH FAJRIYAH - Hi Fajriyah.pdf1.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.