Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52277
Title: Pengaruh Model Problem Solving Laboratory (PSL) terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Konsep Fluida Dinamis
Authors: Dita Purnama
Advisors: Ai Nurlaela
Taufiq Al Farizi
Keywords: Model Problem Solving Laboratory (PSL);Kemampuan Literasi Sains;Fluida Dinamis
Issue Date: 8-May-2020
Publisher: Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem solving laboratory (PSL) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada konsep fluida dinamis. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 6 Kota Tangerang dan berlangsung pada bulan November tahun 2019. Terdapat dua kelas yang dijadikan sampel penelitian, yaitu XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes objektif pilihan ganda dan instrumen nontes berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis terhadap hasil data posttest menggunakan uji t pada α = 0,05 diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dengan kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem solving laboratory (PSL) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada konsep fluida dinamis. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh nilai N-gain sebesar 0,62 (kategori sedang), sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai N-gain sebesar 0,28 (kategori rendah).
Description: xiv, 71
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52277
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
11140163000009_Dita Purnama - Dita Purnama (1).pdf1.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.