Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52275
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Multidimensional Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Konsep Fluida Statis
Authors: Nurrovi Pauziah Nawawi
Advisors: Kinkin Suartini
Keywords: Model Pembelajaran Multidimensiona;Kemampuan kognitif siswa;Fluida Statis
Issue Date: 19-Jun-2020
Publisher: Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh model Pembelajaran Multidimensional terhadap kemampuan kognitif pada konsep Fluida Statis. Penelitian dilakukan di SMAN 10 Tangerang Selatan tahun ajaran 2019/2020 pada semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian diambil secara purposive sampling yang terdiri dari kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes tertulis untuk menguji kemampuan kognitif siswa dan instrumen tes unjuk kerja untuk menguji ketercapaian penggunaan model pembelajaran multidimensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t yang dilakukan terhadap data posttest diperoleh nilai t_hitung>t_tabel, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya bahwa model pembelajaran multidimensional berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa. Selain itu, hasil uji N-gain menunjukkan bahwa peningkatan kelas eksperimen berkategori tinggi dengan nilai 0,56 mengungguli kelas konrol yang hanya berkategori sedang dengan nilai 0,45. Ketercapaian penggunaan model
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52275
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
1113016300051_Nurrovi Pauziah Nawawi - nurrovi pauziah nawawi.pdf1.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.