Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52272
Title: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Group Investigation Pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas VI-A MI Al Ishlahiyah
Authors: Ahmad Faisal Dzulfiqor
Advisors: Heny Narendrany Hidayati
Keywords: Hasil Belajar;Metode Group Investigation;PTK
Issue Date: 10-Jul-2020
Publisher: Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode group investigation. Metode ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dann aktivitas siswa untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang dipelajari melalui bahan-bahan ajar yang tersedia. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan untuk membantu guru dalam memecahkan permasalahan yang ada di kelas. Dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing dari tiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Instrumen yang dipakai oleh peneliti adalah lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar pelajaran Fiqih. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa pembelajaran Fiqih dengan menggunakan metode group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 75,56 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,14. Metode group investigation selain meningkatkan hasil belajar siswa, metode ini juga mampu meningkatkan partisipasi siswa sehingga lebih semangat dalam proses pembelajaran.
Description: xi, 76
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52272
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
1113011000101_AHMAD FAISAL DZULFIQOR - Faisal Ahmad.pdf3.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.