Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52245
Title: Pengaruh Goal Orientation Dan Religiusitas Terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Santri Madrasah Aliyah
Authors: Ahmad Suwardi
Advisors: Abdul Mujib
Issue Date: 20-Oct-2015
Publisher: Fakultas Psikologi
Abstract: Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh Goal Orientation dan Religiusitas terhadap Prestasi Belajar Santri Madrasah Aliyah. Hipotesis yang diuji yaitu (1) ada pengaruh yang signifikan dari Goal Orientation (task-involved dan ego-involved) terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak, (2) ada pengaruh yang signifikan dari Religiusitas dimensi daily spiritual experiences, meaning, values, beliefs, forgiveness, private religious practice, religious/spiritual coping, religious support) and religious commitment terhadap Pretasi Belajar Aqidah Akhlak. Sampel penelitian adalah santri Madrasah Aliyah Pesantren Darul Muttaqien kelas X, XI dan XII sampel diambil dengan metode cluster random sampling, randomisasi berdasarkan jenis kelamin (n=323, 141 laki-laki dan 182 perempuan) dan jurusan (n=323 IPA 165 dan IPS 158). Instrumen pengumpulan data menggunakan skala Likert. Uji hipotesis dilakukan dengan metode statistik regresi berganda, hasil uji statistik menunjukkan (1) ada pengaruh Goal Orientation (task-involved dan ego involved) dan Religiusitas terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak Santri Madrasah Aliyah. (2) ada pengaruh positif dan signifikan values dan jenis kelamin dan penjurusan terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak Santri MAdrasah Aliyah. (3) ada pengaruh negativ tapi signifikan meaning dan jenis kelamin terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak santri Madrasah Aliyah.
Description: xiii + 154 halaman + 45 lampiran
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52245
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
TESIS AHMAD SUWARDI -FPSI.pdf4.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.