Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52192
Title: Analisis Penguatan (Reinforcement) dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas I di MI Pembangunan UIN Jakarta
Authors: Nabila Az Zahra
Advisors: Zikri Neni Iska
Keywords: Penguatan (Reinforcement);Kedisiplinan;Pembelajaran Tematik
Issue Date: 6-Aug-2020
Publisher: Jakarta : FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang masih belum optimal dalam memberikan penguatan kepada siswa dalam aspek afektif, adanya perilaku siswa yang melanggar aturan, perilaku kurang disiplin yang masih muncul seperti tidak mau berbaris dengan rapi, tidak merapikan kembali peralatan setelah digunakan, tidak menyelesaikan tugas sampai tuntas, tidak antri dalam menunggu giliran, terlambat ketika datang ke sekolah, dan tidak memperhatikan guru saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberian penguatan (reinforcement) dalam meningkatkan kedisiplinan siswa pada pembelajaran tematik kelas I di MI Pembangunan UIN Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yang dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk penguatan (reinforcement) yang dilakukan guru antara lain yaitu penguatan (reinforcement) verbal dan non verbal. Penguatan (reinforcement) diberikan kepada individu ataupun kelompok dengan penuh kebermaknaan, sungguh-sungguh dan penuh ketulusan, menghindari respon negatif siswa, dan dengan variasi
Description: x, 75
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52192
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
11160183000001_Nabila Az Zahra.pdf5.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.