Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52103
Title: Pendidikan multikultural pada budaya sekolah: studi kasus pada Pendidikan Menengah di Pangkalpinang, Bangka
Authors: Noblana Adib
Advisors: Husni Rahim
Armai Arief
Keywords: PENDIDIKAN MULTIKULTURAL;PENDIDIKAN MENENGAH;BUDAYA SEKOLAH;PANGKAL PINANG
Issue Date: Aug-2020
Publisher: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Siswa membangun pendidikan multikultural dalam budaya sekolah, karena terjadi agensi agen ketika siswa mengikuti ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler −wajib maupun pilihan− sebagai sarana untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki siswa baik berkaitan dengan aplikasi ilmu pengetahuan yang didapatkannya maupun dalam pengertian khusus untuk membimbing peserta didik dalam mengembangkan potensi dan bakat yang ada dalam dirinya dilakukan di luar kelas dan di luar pelajaran. Ternyata, kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi sarana yang melanggengkan kehidupan inklusif dan menciptakan pendidikan multikultural terlihat dari terbangunnya tiga elemen yaitu EEE di sekolah. Studi kasus pada Pendidikan Menengah di Pangkalpinang menunjukan hidden curiculum yang didapatkan para siswa ketika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah Para siswa/agen tidak menyadari bahwa tindakan −dalam kehidupan sehari-hari− mereka memberikan pelbagai konsekuensi yang sesuai dengan ide besar dari pendidikan multikultural atau yang disebut Giddens unintended consequences. Jadi pendidikan multikultural dalam budaya sekolah dibangun oleh para siswa sebagai konsekuensi dari tindakan-tindakan para siswa yang tidak dikehendaki (unintended consequences).
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52103
ISBN: 978-623-93900-4-4
Appears in Collections:Disertasi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NOBLANA ADIB - SPs.pdf8.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.