Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52058
Title: Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan CTL Dalam Meningkatkan Kreativitas & Maharat Al-Kalam: study PTK Di MA Pembangunan UIN Jakarta
Authors: Leo Satria
Advisors: Ahmad Thib Raya
Keywords: PTK;Strategi Pembelajaran;CTL;Kreativitas dan kemampuan kalam siswa
Issue Date: Aug-2020
Publisher: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Berbicara menggunakan bahasa Arab baik lisan maupun tulisan bukanlah suatu hal yan mudah utamanya pada siswa, berdasarkan hasil study lapangan melalui wawancara kepada siswa diperoleh bahwa kesulitan tersebut dikarenakan banyak hal, seperti sulit memahami kalimat berbahasa Arab, sulit menghafal kosa katanya, siswa kurang minat terhadap mata pelajaran tersebut, media yang digunakan oleh guru membuat mengantuk, strategi yang digunakan kurang kreatif & efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi pembelajaran CTL, menerapkan strategi pembelajaran CTL pada materi Maharat al-kalam, meningkatkan kreativitas dan kemampuan kalam siswa menggunakan strategi pembelajaran CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, pada proses pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran CTL. Penelitian ini mendukung teori dari Berns & Erickson (2001) yang kemudian dikembangkan oleh Elaine B. Johnson (2014), menekankan perlu adanya keterkaitan materi atau konten yang telah dipelajari, dengan kehidupan nyata. Tesis ini juga mendukung hasil penelitian Muzdalifah (2009) bahwa CTL dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab dengan beberapa upaya. Senada juga dengan hasil penelitian Tito Dimas Atmawijaya (2008), bahwa CTL dapat diterapkan untuk pembelajaran bahasa Arab dengan tidak asal campur antara strategi CTL dengan metodologi pengajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kualitatif, adapun pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan deskriptif-analitik. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), dengan 4 tahap, yaitu yaitu planning, acting, observing, dan reflecting. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan jumlah 77 siswa. Teknik yang digunakan untuk menentukan subjek dalam penelitian ini adalah teknik random sampling atau yang sering dikenal dengan pengembilan sampel secara acak. Berdasarkan hasil penilaian observasi dan beberapa data yang bersumber dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kreativitas dan kemampuan kalam bahasa Arab melalui Contextual Teaching and Learning menunjukkan hasil yang baik. Hal itu dapat dilihat dari beberapa tahapan penelitian (Planning, Acting, Observing, Reflecting) di siklus I dan Siklus II mengacu pada teori dari Suharsimi Arikunto. Analisis peneliti pada siklus I sebagai (pre-test) yaitu dengan nilai rata-rata siswa 6 20 , jika dikategorisasi maka hasil yang tidak mendekati 1 mengarah ke atas disebut kurang baik. Adapun hasil analisis peneliti pada siklus II sebagai (post-test), mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa 16 20 , yang jika itu dikategorisasikan maka hasilnya sudah mendekati 1 mengarah ke atas disebut baik. Adapun faktor-faktor yang mendukung dalam pelaksaan penelitian adalah metode/strategi yang digunakan, materi yang diajarkan, faktor guru, media, kurikulum yang digunakan dan manajemen madrasah itu sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya adalah rendahnya minat dan motivasi peserta didik dalam pelajaran bahasa Arab, kurangnya pembendaharaan kosa kata bahasa Arab yang dimiliki siswa, belum ada lingkungan/manajemen waktu untuk berbahasa, kemudian waktu untuk memperdalam bahasa Arab itu sendiri, serta sarana dan prasarana yang mendukung.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52058
ISBN: 978-623-6584-26-2
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
LEO SATRIA - SPs.pdf4.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.