Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51660
Title: PROGRAM SOCIAL EMOTIONAL LEARNING SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Authors: Lu’lu’a Farah Adiba
Advisors: Asep Ediana Latip
Keywords: Social Emotional Learning, Karakter Tanggung Jawab;Library Research
Issue Date: 5-Aug-2020
Publisher: Jakarta : FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Program Social Emotional Learning dalam upaya pembentukan karakter tanggung jawab di sekolah dasar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode yang digunakan library research didukung dengan metode field research. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen, catatan penelitian, dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah daftar check list dokumen, catatan, dan pedoman wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan content analysis. Hasil Penelitian menunjukkan Program Social Emotional Learning dapat membentuk karakter tanggung jawab peserta didik di sekolah dasar. Hal ini dapat diperoleh dengan tumbuhnya social awareness, self management, self awareness, responsible decision making, dan relationship skill setelah Program Social Emotional Learning dilaksanakan. Program Social Emotional Learning efektif dalam pembentukan karakter tanggung jawab dengan menggunakan pendekatan yang terdiri dari Explicit SEL Instruction, Teacher Instructional, dan Integrated with curriculum areas. Didukung dengan beberapa strategi yaitu PATH, RC Approach, 4Rs,dan RULER.
Description: xiv, 88
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51660
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
11160183000021_LU'LU'A FARAH ADIBA - LU'LU'A FARAH ADIBA 2016.pdf1.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.