Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51580
Title: Analisis topik komentar video beberapa akun youtube e-commerce Indonesia menggunakan metode latent dirichlet allocation
Authors: Muhammad Diaz Elprana Rangkuti
Advisors: Taufik Edy Sutanto
Yanne Irene
Keywords: E-commerce;Latent dirichlet allocation;Metric evaluation;Nilai koheren;Validasi silang
Issue Date: 9-Apr-2020
Publisher: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Beberapa perusahaan e-commerce di Indonesia saat ini mulai melakukan pemasaran produk atau aplikasi melalui Youtube. Salah satu sektor e-commerce yang melakukan pemasaran di Youtube adalah sektor ritel. Tidak seperti sektor edukasi maupun transportasi yang hanya memiliki 2-3 kompetitor, pada sektor ini ada banyak nama perusahaan yang sudah tidak asing untuk masyarakat. TKPD, LZD Indonesia, BKLPK, dan SHP merupakan sekian dari banyaknya perusahaan yang bergerak pada sektor ini. Penelitian ini ingin melihat topik apa saja yang dibahas masyarakat ketika membuka setiap akun e-commerce di Indonesia melalui komentar pada Youtube antara tanggal 4-26 Oktober 2019. Penelitian ini juga menggunakan metode Latent Dirichlet Allocation untuk menentukan topik yang sering dibahas melalui representasi kata-kata dan metric evaluation untuk menentukan nilai koheren pada setiap topik. Metode metric evaluation yang digunakan pada penelitian ini adalah validasi silang. Setiap topik akan dihitung rata-rata probabiltas beberapa kata didalamnya. Topik dengan nilai koheren yang tertinggi akan dianggap sebagai jumlah topik yang paling optimal. Hasilnya didapatkan bahwa BKLPK memiliki nilai koheren tertinggi sebesar 0.42, LZD memiliki nilai koheren tertinggi 0.533, SHP memiliki nilai koheren tertinggi sebesar 0.46, dan TKPD memiliki nilai koheren tertinggi sebesar 0.464. Dengan kata lain, kehadiran personil BTS di akun TKPD, kuis suatu produk di akun BKLPK, dan kehadiran selebritis tanah air di akun SHP merupakan beberapa pembahasan yang paling sering dibahas masyarakat tanggal 4- 26 Oktober 2019. Hal ini juga memperlihatkan bahwa topik selebritis merupakan topik yang paling sering di bahas masyarakat ketika membahas keempat perusahaan tersebut.
Description: xiii, 31 hlm; 29 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51580
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
MUHAMMAD DIAZ ELPRANA RANGKUTI-FST.pdf2.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.