Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51575
Title: Pengaruh Penggunaan Aplikasi World Map Quiz dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Peta Buta di Kelas VIII Mts Negeri 13 Jakarta
Authors: Dwi Mulia Ramlan
Advisors: Andri Noor Ardiyansyah
Anissa Windarti
Keywords: Aplikasi World Map Quiz;kemampuan membaca peta buta
Issue Date: 9-Jul-2020
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi World Map Quiz berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam membaca peta buta di kelas VIII MTs Negeri 13 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 13 Jakarta tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C yang berjumlah 35 siswa dan kelas VIII D yang berjumlah 36 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen tes pretest posttest berbentuk pilihan ganda dan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, observasi, serta wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan aplikasi World Map Quiz dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca peta buta di kelas VIII MTs Negeri 13 Jakarta. Analisis data menggunakan uji t Independent sampel test dan dari data hasil perhitungan perbedaan rata-rata posttest kedua kelas diperoleh hasil dari uji koefisien diterminasi yang mana 27,1% variasi variabel pengaruh pengunaan aplikasi world map quiz dapat dipengaruhi oleh variabel kemampuan siswa membaca peta buta, maka dari iu bisa dikatakan bahwa pengaruh dari aplikasi world map quiz yang diterapkan adalah sebesar 27,1%. Kemudian dibuktikan dengan hasil thitung dan ttabel serta taraf signifikansi (Sig) terhadap uji postes, yaitu thitung = 6,332 dan nilai ttabel = 1,996. Oleh karena 6,332 > 1,996 maka hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Maka penelitian ini berhasil membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi World Map Quiz dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca peta buta.
Description: XV, 94
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51575
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Dwi Mulia Ramlan_11150150000070 (PT).pdf1.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.