Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51573
Title: Perspektif Kebijakan Pendidikan Sistem Zonasi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Depok
Authors: Ibnu Aidil Putra
Advisors: NUROCHIM
Keywords: Kebijakan Pendidikan;Sistem Zonasi
Issue Date: 14-Jul-2020
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tujuan Penelitian untuk mengetahui perspektif atau cara pandang pihak Eksternal sekolah (masyarakat/Orangtua Peserta Didik) dan Internal sekolah (Pihak Sekolah) terhadap kebijakan sistem zonasi yang telah berlangsung dengan apa yang telah dirasakan positif dan negatifnya. Berdasarkan tujuan tersebut maka penelitian ini merupakan kualitatif dengan menggunakan pendekatan perspektif. Dengan pendekatan perspektif dapat mendiskripsikan hasil dari pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa kebijakan sistem zonasi ini akan menghilangkan julukan sekolah favorit, meratakan sekolah di setiap kelurahan yang ada di Kota Depok, menghemat biaya transportasi karena jarak tempuh dari rumah kesekolah yang begitu dekat, melengkapi fasilitas yang ada di setiap sekolah negeri yang ada di Kota Depok supaya meningkatkan pelayan mutu di setiap sekolah tersebut. Saran pada tesis ini adalah (1) pemerintah daerah atau pusat membuat 2 sekolah yang penduduknya banyak di suatu kelurahan, (2) diadakannya 1 atau 2 kelas belajar khusus untuk anak yang mempunyai kelebihan akademik. (3) meningkatkan SDM tenaga pendidik dan sarana prasarana bagi sekolah negeri yang baru dibangun atau diadakan, (4) pemerintah daerah dan kelurahan harus bekerja sama untuk meminimalisis kecurangan yang terjadi saat penerimaan peserta didik baru untuk tempat tinggal.
Description: xvi, 91
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51573
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
Tesis Ibnu Aidil Putra. Watermark.pdf9.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.