Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51564
Title: TEACHERS’ PERCEPTION ON WORKLOAD AND PERFORMANCE (A Case Study of Homeroom Teachers’ at Primary Global Islamic School 2 Serpong)
Authors: Akira Puteri
Advisors: Jejen Jaenudin
Keywords: Persepsi;Beban kerja;Kinerja
Issue Date: 9-Jul-2020
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepi guru mengenai beban kerja dan kinerja, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dan cara untuk meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan pada guru kelas di SD Global Islamic School 2 Serpong. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Data didapatkan dari observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan observasi, ditemukan bahwa para guru memiliki 2 jenis beban kerja, yaitu beban kerja akademik dan non-akademik. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa orang guru, ditemukan bahwa guru mempersepsikan beban kerja sebagai tugas yang harus mereka selesaikan, namun mereka merasa sulit untuk memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan personal. Mereka mengatakan bahwa keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan personal penting, namun tidak mudah untuk didapatkan. Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan personal yang buruk dapat menyebabkan stress pada guru. Selanjutnya, para guru mempersepsikan kinerja sebagai kemampuan yang mereka berikan kepada institusi atau organisasi untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Selain itu, berdasarkan data yang didapatkan melalui kuesioner juga ditemukan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja guru; lingkungan, motivasi, beban kerja, fasilitas sekolah, gaji dan lain-lain. Terdapat 36% dari para guru yang mengatakan bahwa lingkungan merupakan faktor penting untuk mereka. Kemudian, 15% guru mengatakan motivasi memberikan dampak pada kinerja mereka. Sementara itu, 17% guru mengatakan beban kerja, 15% guru mengatakan fasilitas sekolah, 12% mengatakan gaji dan 5% guru mengatakan faktor lain seperti waktu yang cukup untuk tidur atau beristirahat sebagai faktor yang mempengaruhi kinerja. Selanjutnya, penelitian ini juga menemukan beberapa cara untuk meningkatkan kinerja guru. 33% guru mengakui kinerja mereka dapat ditingkatkan dengan mengikuti pelatihan, seminar, atau lokakarya, 41% guru memilih berdiskusi dengan teman, 14% guru memilih supervisi, 7% memilih membaca buku dan sisanya berpendapat mereka dapat meningkatkan kinerjanya dengan mengamati kelas lain, dan mengikuti seminar daring. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa semakin baik tingkat kepuasaan kerja guru, manajemen beban kerja, keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan personal, penghargaan, dan lingkungan sekolah, serta semakin rendahnya stress pada guru, maka kinerja guru dapat meningkat.
Description: xv, 52
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51564
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
21180181000025- Akira Puteri water mark.pdf5.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.