Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51498
Title: تأثير اللغة الأم في اكتساب اللغة العربية للطلاب الجدد في معاهد دار النجاح للتربية الإسلامية الحديثة بجاكرتا
Authors: Azmi Islami
Advisors: Ahmad Dardiri
Keywords: Bahasa;Bahasa Ibu;Pemerolehan Bahasa Kedua;Interferensi Bahasa
Issue Date: 16-Jul-2020
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Orang dewasa yang mempelajari bahasa kedua berbeda dengan anak-anak yg mempelajari bahasa pertama dalam berbagai hal. Mungkin yang paling sulit dari ini bahwa sedikit orang dewasa yang mempelajari bahasa kedua mencapai level yang sama dalam kemahiran bahasa dibandingkan dengan penutur asli. Pembelajar bahasa kedua menerima bahasa kedua dengan memiliki sistem linguistik terintegrasi dalam bahasa ibu, sistem bahasa ibu tersebut seringkali merupakan satu-satunya sistem bahasa yang dihasilkan oleh pelajar. Maka dari itu peneliti memilih pembahasan tentang pengaruh bahasa ibu terhadap pemerolehan bahasa arab untuk mencari persamaan dan perbedaan antara bahasa ibu dan bahasa arab, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pengaruh bahasa ibu terhadap pemerolehan bahasa arab, serta mencari cara yang tepat dalam pengajaran bahasa arab bagi siswa baru di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh bahasa ibu terhadap pemerolehan bahasa arab dari segi suara, kata, susunan (kalimat), isyarat, dan tulisan, dan juga untuk menganalisa faktor-faktor yang menyebabkan berpangaruhnya bahasa ibu terhadap pemerolehan bahasa arab, dan mecari metode yang tepat dalam pengajaran bahasa arab bagi siswa baru di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis. Dan peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan metode penelitian yang berfokus pada penggambaran fenomena, pemahaman, dan kedalamannya, dan bergantung pada studi fenomena dalam kondisi alami mereka sebagai sumber data langsung. Adapun hasil dalam penelitian ini bahwa pengaruh bahasa ibu terhadap pemerolehan bahasa arab atau interferensi bahasa bagi siswa baru di pesantren ini terdiri dari: a) interferensi bahasa dalam hal suara, b) interferensi bahasa dalam hal kosa kata, c) interferensi bahasa dalam hal susunan kata, d) interferensi bahasa dalam hal isyarat, e) interferensi bahasa dalam hal tulisan. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi pengaruh bahasa ibu terhadap pemerolehan bahasa arab bagi siswa baru di pesantren ini ada 3 faktor: pertama faktor internal (faktor psikologis), kedua faktor eksternal (lingkungan berbahasa), dan ketiga kurikulum yang digunakan. Dan cara yang tepat dalam pengajaran bahasa arab bagi siswa baru di pesantren ini ada 6: pertama menggunakan metode langsung, kedua mengajarkan bahasa arab tanpa menerjemahkannya ke dalam bahasa ibu, ketiga menggunakan alat peraga dalam menjelaskan kosa kata atau kalimat, keempat membentuk kelompok bahasa, kelima menambah kosa kata, keenam membuat miliu yang baik dalam berbahasa.
Description: ك, 99
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51498
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
Thesis Azmi Islami FIX.pdf7.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.