Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51429
Title: Partisipasi Pemustaka dalam Perspektif Pustakawan terhadap Peningkatan Kualitas Layanan Perpustakaan di Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Authors: Ari Mulki Zamani
Advisors: Muhammad Azwar
Keywords: Partisipasi Pemustaka;Kualitas Layanan Perpustakaan;Perpustakaan Perguruan Tinggi
Issue Date: 16-Jul-2020
Publisher: Fakultas Adab dan Humaniora
Abstract: Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui proses partisipasi pemustaka terhadap peningkatan kualitas layanan perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, untuk mengetahui upaya pustakawan dalam mengatasi kendala untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deksriftif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data melalui proses studi literatur, data hasil wawancara dibuatkan transkrip, analisis data, reduksi data, penyederhanaan data agar mudah dibaca dan pembuatan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah melakukan proses partisipasi pemustaka yaitu dengan menyediakan instrumen atau alat-alat yang bisa digunakan oleh pemustaka dalam memberikan masukan terhadap pihak perpustakaan mulai dari tersedianya form-form kepuasaan layanan perpustakaan, form usulan bahan pustaka, serta media sosial, kemudian dari hasil tersebut di olah hingga berdampak pada kebijakan serta perbaikan terhadap kualitas layanan yang telah tersedia di perpustakaan. seperti, penambahan kursi, meja, colokan, peningkatan jaringan internet, hingga kebersihan toilet perpustakaan. upaya pustakawan dalam mengatasi kendala-kendala yang terjadi dari keterbatasan dana dan SDM yang ada ialah dengan merancang sebuah aplikasi pengukur kepuasan layanan perpustakaan yang berbasis digital tidak lagi menggunakan form-form usulan yang berbentuk kertas sebagai instrumen atau alatnya. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Proses partisipasi yang dilakukan oleh pustakawan dalam peningkatan kualitas layanan perpustakaan mulai dari penerapan instrumen atau alat yang digunakan hingga hasilnya ialah sebagian besar pemustaka memberikan masukan yang cukup aktif baik di media sosial maupun di form usuluan yang di sediakan pihak perpustakaan, (2) Upaya pustakawan mengatasi kendala mulai dari kekurangan anggaran hingga penerapan instrumen pada level kebijakan ialah dengan merancang sebuah aplikasi kepuasan pengguna dengan keterbatasan anggaran di perpustakaan yang bisa di akses melalui handphone bisa dimana saja dan kapan saja.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51429
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
fulltext.pdf2.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.