Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51372
Title: Filosofi Kurikulum Pascasarjana Dalam Konteks KKNI-SNPT Berbasis Kampus Merdeka Belajar
Authors: Suwito
Issue Date: 2020
Abstract: Pemberlakuan kurikulum pendidikan dapat diidentikkan dengan sikap orang tua terhadap anak, atau pemerintah terhadap rakyat, atau lembaga pendidikan terhadap anak didik atau mahasiswa. Dalam sejarahnya, kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia juga mengalami gradasi dari yang bersifat memaksa ke sifat memerdekakan. Sebagaimana orang tua terhadap anak, ketika anak masih kecil cenderung ada pemaksaan tetapi ketika mulai dewasa, orang tua cenderung memberi kebebasan kepada anak. Demikian juga pemerintah. Semakin masyarakat dinilai telah memiliki kedewasaan maka pemberlakuan kurikulum cenderung lebih merdeka. Pada masanya nanti, kurikulum adalah wewenang sepenuhnya lembaga pendidikan, bukan lagi urusan pemerintah.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51372
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
FILOSOFI KURIKULUM PASCASARJANA.pdf350.94 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.