Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51314
Title: Visual Thinking Siswa Tunarungu dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas Inklusi
Authors: Amaliyah
Advisors: Dede Rosyada
Husni Rahim
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN;VISUAL THINKING;PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Issue Date: Apr-2020
Publisher: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Pendidikan inklusi merupakan jawaban dari education for all dengan prinsip nilai-nilai universal yaitu kesetaraan (al musawa/equality), keadilan (al adalah/justise), kebebasan (al hurriyah/freedom), yang memberi peran difabel dalam pendidikan. Pendidikan inklusi menuntut sekolah melakukan penyesuaian dalam berbagai sarana dan prasarana yang menunjang, strategi serta metode pembelajaran yang mampu memenuhi kebutuhan siswa berkebutuhan khusus, terlebih pada sekolah inklusi reguler penuh. Sebagaimana diketahui bahwa pendidikan agama Islam masih menggunakan metode ceramah dan bersifat hafalan. Hal tersebut menjadi kendala bagi siswa tunarungu di kelas inklusi, menjadi tuntutan bagi guru untuk melakukan pemilihan metode yang disesuaikan dengan siswa berkebutuhan khusus, yang selama ini masih bersifat individual. Disamping itu, tidak tersediaannya guru pendamping khusus di kelas inklusi yang menjadi permasalahan pada sekolah inklusi saat ini. Maka salah satu yang memungkinkan adalah dengan memodifikasi metode pembelajaran yang dapat diterima semua siswa pada kelas inklusi. Salah satu metode yang saat ini berkembang adalah metode visual thinking, yaitu suatu metode yang memperhatikan karakteristik baik visual, audio dan kinetik. Penulis mengulas pembelajaran siswa tunarungu pada kelas inklusi dengan metode tersebut dalam buku yang berjudul “Visual Thinking Siswa tunarungu dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas Inklusi”. Berdasarkan hasil analisis temuan peneliti mengkonstruk metode pembelajaran dengan istilah Integrating Visual Thinking Method merupakan metode yang mengkolaborasi metode berpikir visual dan pendekatan strategi berpikir visual. Yaitu mengintegrasikan metode berpikir visual dengan konsep looking, seeing, imagining, thinking, telling and showing. Hal tersebut sebagai solusi pembelajaran yang menggerakkan siswa aktif baik sebagai subyek maupun obyek pembelajaran.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51314
Appears in Collections:Disertasi

Files in This Item:
File SizeFormat 
AMALIYAH - SPs.pdf8.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.