Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51309
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorBahrissalimid
dc.contributor.authorHilma Ayunina,id
dc.date.accessioned2020-07-09T07:57:04Z-
dc.date.available2020-07-09T07:57:04Z-
dc.date.issued2020-06-10-
dc.identifier.urihttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51309-
dc.descriptionix, 100id
dc.description.abstractDalam dunia pendidikan, dikenal istilah Hidden Curriculum. Hidden Curriculum atau kurikulum yang tersembunyi merupakan kurikulum yang pelaksanaannya tidak tertulis dan tidak terencana, namun pelaksanaannya merupakan wujud nyata atas kurikulum yang tertulis. MTs Pembangunan UIN Jakarta mengenalkan istilah Hidden Curriculum dengan sebutan Habitual Curriculum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Habitual Curriculum (HC) dalam pembinaan akhlak karimah peserta didik di MTs Pembangunan UIN Jakarta. Kajian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran sekolah dalam mewujudkan peserta didik yang cerdas secara IQ, EQ, dan SQ. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2019 hingga Februari 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil pengamatan yang dilakukan, implementasi Habitual Curriculum dalam pembinaan akhlak karimah peserta didik telah berjalan dengan baik. Kegiatan ini bertujuan agar peserta didik terbiasa melaksanakan ibadah dan dapat membina akhlak peserta didik. Kegiatan dalam program Habitual Curriculum terdiri atas membaca Asmaul Husna, Tadarrus al- Qur‟an, Shalat Dhuha, Dzikir, Tausiyah, Hafalan doa dan surat pilihan. Program Habitual Curriculum dilaksanakan pada hari Senin – Rabu pukul 07.00 – 07.40 WIB yang dipandu oleh wali kelas dan guru pendamping. Secara keseluruhan kegiatan ini berhasil membiasakan ibadah peserta didik, namun untuk pembinaan akhlak lebih didominasi oleh faktor perhatian dan pola asuh orangtua dan lingkungan peserta didik.id
dc.language.isoidid
dc.publisherJakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakartaid
dc.subjectHabitual Curriculum,id
dc.subjectPembiasaan Ibadahid
dc.subjectAkhlak Karimahid
dc.titleImplementasi Habitual Curriculum (HC) dalam Pembinaan Akhlak Karimah Peserta Didik di MTs Pembangunan UIN Jakarta Tahun Pelajaran 2019/2020id
dc.typebachelorThesisid
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
11160110000010_HILMA AYUNINA - HILMA AYUNINA.pdf2.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.