Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51308
Title: العلاقة بين الكفاية اللغوية والأداء اللغوي لدى دارسي اللغة العربية في الصف الثاني من مدرسة نور الصالحات المتوسطة الإسلامية سربونج
Authors: Muhammad Syaifullah
Advisors: Aziz Fakhrurrozi
N. Lalah Alawiyah
Keywords: al Kifaayah al Lughowiyah,;al Ada’ al Lughowi
Issue Date: 20-Feb-2020
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap kompetensi bahasa siswa dalam jumlah ismiyah dan fi’liyah, dan performansi berbahasa siswa terhadap ta’bir kitabi, serta korelasi antara kompetensi bahasa dengan performansi berbahasa siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dan rumus yang digunakan dalam menganalisis data adalah rumus mean dan rumus correlation product moment serta metode yang digunakan adalah studi korelasi. Kemudian sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas dua MTs Nur Ash Sholihat sebanyak 30 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara dengan guru bahasa Arab dan kepala sekolah, dan tes tertulis yang mengandung pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kompetensi bahasa siswa terhadap jumlah ismiyah dan fi’liyah, dan performansi berbahasa siswa terhadap ta’bir kitabi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan rumus Mean, menunjukkan bahwa kompetensi bahasa siswa dalam jumlah ismiyah dan fi’liyah adalah baik, dan performansi berbahasa siswa dalam ta’bir kitabi adalah cukup. Adapun nilai korelasi antara kompetensi bahasa dan performansi berbahasa siswa adalah 0,578, nilai ini terletak antar 0,40-,0,70 yakni menunjukkan bahwa hubungan keduanya sedang.
Description: ix 54
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51308
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SKRIPSI SYAIFUL WATERMARK.pdf3.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.