Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51302
Title: PENGARUH PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Authors: NUR AFRIYATI YAKIN
Advisors: Fathiah Alatas
Keywords: Pembelajaran STEM;;kemampuan pemecahan masalah;
Issue Date: 10-Jun-2020
Publisher: Jakarta : FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
Abstract: Tantangan pembelajaran pada abad 21 menuntut berbagai keterampilan yang harus dikuasai, satu diantaranya yaitu kemampuan pemecahan masalah. Kenyataannya pembelajaran fisika belum melibatkan aktivitas siswa dalam mengkonstruk pengetahuannya yang melatih kemampuan pemecahan masalah, sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi rendah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi usaha dan energi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kabupaten Tangerang, pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group. Sampel penelitian ini diambil secara purposive sampling yang terdiri dari kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa 10 butir soal uraian dan instrumen nontes berupa observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji U pada taraf signifikan 5% terhadap data posttest adalah sig.(2-tailed) = 0,000. Nilai sig.(2-tailed) < taraf signifikan, menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi usaha dan energi. Kemapuan pemecahan masalah siswa pada kelompok eksperimen meningkat lebih tinggi (N-gain 0,71 kategori tinggi) dibandingkan dengan kelompok kontrol (N-gain 0,38 kategori sedang). Selanjutnya, hasil observasi kelompok eksperimen selama pembelajaran STEM diperoleh persentase rata-rata 81,09% dengan kategori sangat baik.
Description: x, 63
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51302
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
11150163000013_NUR AFRIYATI YAKIN - Nur Afriyati Yakin.pdf449.74 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.