Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51250
Title: IDENTIFIKASI MISKONSEPSI TERHADAP KONSEP LARUTAN PENYANGGA DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN TEST DIAGNOSTIC FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE
Authors: Intan Muthiah Afifah
Advisors: Dedi Irwandi
Dewi Murniati
Keywords: Four-Tier Multiple-Choice Test;Larutan Penyangga;Miskonsepsi
Issue Date: 28-May-2020
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Miskonsepsi siswa merupakan salah satu perhatian penting dalam penelitian pendidikan karena bersifat mengganggu siswa untuk memahami konsep ilmiah dalam pembelajaran. Miskonsepsi sering terjadi pada pembelajaran Kimia, salah satunya pada konsep Larutan Penyangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada konsep Larutan Penyangga menggunakan instrumen tes four-tier multiple-choice (4TMC) di SMA Negeri SeTangerang Selatan. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Waktu penelitian dilaksanakan pada 07 Agustus sampai dengan 05 September 2019. Subjek penelitian ini adalah kelas XII MIPA SMA Negeri SeTangerang Selatan tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel sebanyak 134 siswa yang diambil dari empat kelas menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data penelitian diperoleh dari jawaban siswa pada soal tes 4TMC. Data tersebut diolah berdasarkan pola jawaban siswa yang kemudian dikelompokkan ke dalam kategori pemahaman siswa yaitu miskonsepsi, kurang paham konsep, kesalahan, dan paham konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi miskonsepsi sebesar (28,26%), dan miskonsepsi signifikan yang teridentifikasi pada 2 dari 5 subkonsep Larutan Penyangga yang diteliti yaitu subkonsep Perhitungan Larutan Penyangga (14,92%) dan Peran Larutan Penyangga dalam Tubuh Makhluk Hidup (15,67%). Hasil penelitian identifikasi miskonsepsi siswa ini diharapkan dapat mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa untuk dapat ditangani lebih cepat agar tidak menghambat siswa dalam pembelajaran.
Description: xiii, 65
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51250
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
1113016200061_INTAN MUTHIAH AFIFAH (PT).pdf1.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.