Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51210
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAbdul Ghofurid
dc.contributor.authorZara Fauziahid
dc.date.accessioned2020-06-30T03:58:19Z-
dc.date.available2020-06-30T03:58:19Z-
dc.date.issued2020-03-13-
dc.identifier.urihttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51210-
dc.descriptionviii, 75id
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu di sekolah inklusi Aluna Jakarta mulai dari metode, media, hingga evaluasi serta mengetahui perbedaan kemampuan anak normal dengan anak berkebutuhan khusus yang berada dalam satu kelas; 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu di sekolah inklusi Aluna Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur penelitian data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjang pengamatan dan triangulasi data. Proses analisis data yang digunakan yakni dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode membaca al-Qur’an yang digunakan di Sekolah Aluna adalah metode Iqro’. Metode Iqro’ ini digunakan sebagai dasar sebelum nantinya lanjut kepada tahap membaca al-Qur’an. Materi yang diajarkan bersifat fleksibel yakni menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik dan dalam proses pembelajarannya tidak membutuhkan bermacam-macam alat hanya menggunakan buku iqro’ saja, karena yang ditekankan pada metode iqro’ ini adalah bacaannya. Rata-rata peserta didik tunarungu masih dalam tahapan iqro’ sedangkan peserta didik normal beberapa anak sudah masuk ke tahapan al-Qur’an. kejelasan dalam melafalkan pada anak tunarungu tergantung pada teraf kemampuan mendengar peserta didik. Semakin rendah taraf kerusakan pendengarannya, maka semakin jelas kejelasan dalam melafakan huruf-huruf hijaiyahnya, dan begitupun sebaliknya. faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an di Sekolah Aluna adanya sikap saling menghargai dan menyemangati sesama peserta didik, peran serta orang tua yang mendukung pembelajaran membaca al-Qur’an dengan memberikan pembelajaran serupa di rumah, dan dukungan sesama pendidik. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an di Sekolah Aluna adalah keterbatasan fisik peserta didk tunarungu, focus dan mood belajar peserta didik yang tidak stabil, dan kurangnya tenaga pendidik di bidang PAI.id
dc.language.isoidid
dc.publisherJakarta : FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTAid
dc.subjectPembelajaran al-Qur’an,id
dc.subjectAnak Berkebutuhan Khusus,id
dc.subjectSekolah Inklusi.id
dc.titlePEMBELAJARAN AL-QUR’AN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI ALUNA JAKARTAid
dc.typebachelorThesisid
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
11150110000030_ZARA FAUZIAH - Zara Fauziah.pdf7.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.