Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51209
Title: NILAI-NILAI PENDIDIKAN ROHANI DALAM BUKU MISTIK DAN MAKRIFAT SUNAN KALIJAGA
Authors: Indra Maulana
Advisors: Achmad Ghalib
Keywords: Pendidikan Rohani,;Tarekat,;Sunan Kalijaga
Issue Date: 15-May-2020
Publisher: Jakarta : FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengathui serta memahami nilai-nilai pendidikan rohani dalam rangka menumbuh kembangkan potensi fitrah dalam diri yang terdapat pada ajaran tarekat Sunan Kalijaga. Persoalan mengenai pendidikan rohani dianggap sangat urgen untuk dikaji. Banyaknya masalah yang ditemui seorang, tentang agama hanya sebatas tanda pembeda dan sikap yang ditunjukkan tidak memperlihatkan bahwa keadaan rohaninya terbina dengan baik. Tarekat hadir menjadi salah satu cabang ilmu pengetahuan yang didalamnya tentang tata cara bagaimana mendekatkan diri sedekat mungkin ke Allah. Bisa dipastikan dengan tarekat seorang bisa memulai merawat, membina rohaninya dalam rangka menumbuh kembangkan potensi dalan diri yang berdampak positif juga terhadap kehidupan sosial. Adapun pemilihan tokoh tarekatnya Sunan Kalijaga, dipilih karena keunikannya dalam tarekatmya yang menyatu dengan kultur budaya setempat. Tidak mendahuluan simbol-simbol luar, melainkan esensi dalam menjalani hidup dengan ajaran islam. Bisa dikatakan juga bahwa corak tasawuf yang dibawa Sunan kalijaga Ialah Akhlaki yang puncaknya ialah Makrifat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan metode penelitian deskriptif, dan digunakan teknik dokumentasi dalam pengumpulan data tersebut. Berdasarakan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan rohani yang terdapat pada ajaran tareka Sunan Kalijaga secara teoritik, pertama, dapat dilihat sisi kerohanian dari perjalanan hidup Sunan Kalijaga sendiri. Mulai dari perjalanan hidup setelah bertemu dengan gurunya yaitu Sunan Bonang, perjalanan hidup dalam mencari ridla seorang guru saat belajar ilmu sampai tersebarnya tarekatnya dalam istilah jawa Mati Sajroning Urip (menghayati kematian dalam kehidupan), Metidasi (berdialog dengan Tuhan/dzikir atas kehidupan), Maguru (berguru). Kedua, nilai-nilai pendidikan rohani pada tarekat Sunan Kalijaga dapat dilihat dari wujud tarekat tersebut. Terdapat nilai pendidikan rohani yaitu menerima Kodrat sebagai manusia, mengenal diri sebagai manusia, menjadi manusia sejati, Sadar tujuan hidup, spirit takwa, menjadi pribadi yang patuh. Nilai-nilai pendidikan rohani tersebut merupakan nilai yang universal, tidak terikat untuk satu daerah atau sebatas satu rasa tau golongan, akan tetapi dapat diambil pelajaran oleh setiap orang tanpa memandang latar belakang dalam sisi apapun.
Description: xi, 61
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51209
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
11150110000079_Indra Maulana.pdf2.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.