Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51207
Title: استخدام استراتيجية "نموذج فراير" لرفع المستوى السيطرة على جاكرتا 11 المفردات لدى تلاميذ المدرسة الثانوية الحكومية
Authors: Safira
Advisors: N. Lalah Alawiyah
Maswani
Issue Date: 19-May-2020
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Ada beberapa masalah yang melatarbelakangi penelitian ini, diantaranya yaitu kurangnya kecenderungan atau kebiasaan perhatian murid dalam belajar mufradat dan kurangannya penguasaan murid terhadap mufradat dan dalam mengaplikasikannya kemudian sedikitnya perhatiaan murid untuk melatih atau mempraktekan mufradat tersebut dan pembelajaran mufradat yang tidak beragam seperti metode pembelajaran yang meyebabkan murid menjadi bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali kemampuan murid dalam proses pembelajaran mufradat bedasarkan strategi model frayer, dan untuk meningkatkan nilai murid dalam pembelajaran mufradat setelah menggunakan strategi model frayer di sekolah ini. Untuk mencapai tujuan diatas peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 unsur yaitu perencaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes (pre-tes dan post-tes), observasi langsung, wawancara pribadi dan dokumentasi. Sedangkan sumbernya adalah murid, guru bahasa Arab dan kolaborator dan metode pengolahan data dengan seleksi dan klasifikasi data, penyajian, pengolahan data serta kesimpulan. Dan pada akhir pembelajaran, peneliti sampai pada hasil atau nilai-nilai diantarnya, bahwasanya peneliti mendapatkan kenaikan nilai murid dalam pembelajaran kosakata setelah menggunakan strategi model frayer. Sebagaimana telah dilihat dari pre-test dan post-test, pada siklus pertama, murid mendapatkan nilai rata-rata 71,5 dimana 16 murid mendapatkan standar minimum kemahiran belajar 40% dan nilai mereka dapat diterima, dan nilai terendah 63 sedangkan nilai yang paling tinggi 86. Tetapi nilai ini belum sampai pada tingkat kesuksesan, maka peneliti menlanjutkan siklus kedua dan telah terjadi peningkatan pada siklus kedua ini. Pada siklus kedua murid mendapatkan nilai rata-rata 77 dimana 34 murid mendapatkan standar minimum kemahiran belajar 86% dan penilaian nya sangat bagus, nilai paling rendah adalah 67, dan interpretasi tinggi adalah 96, oleh karena itu tampak adanya peningkatkan pada siklus kedua yaitu sekitar 44% dan hasil ini telah memenuhi standar minimum kemahiran pembelajaran. Bedasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan strategi model frayer ini efektif dalam meningkatkan nilai siswa pada pembelajaran mufradat di sekolah ini.
Description: د, 50
metadata.dc.description.uri: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/retrieve/57626/Repository_UIN%20Jakarta_Egi%20Annisa%20Nurjanah.pdf
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51207
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
final watermark.pdf14.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.