Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51187
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 110 JAKARTA
Authors: Mirawati
Advisors: Heny Narendrany Hidayati
Keywords: Model Pembelajaran;Cooperative Script,;Hasil Belajar,;Pendidikan Agama Islam
Issue Date: 13-Mar-2020
Publisher: Jakarta : FITK IIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 110 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2019- 2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sample. Populasi penelitian ini berjumlah 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini ditunjukkan dari perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, yaitu sebesar 66,91 untuk kelas eksperimen dan 62,15 untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis (uji-t) untuk hasil belajar kedua kelas didapat thitung = 2,0407 dan ttabel = 1,998 sehingga thitung > ttabel. Hal ini berarti tolak Ho, sehingga hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Description: xi, 78
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51187
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
11150110000130_MIRAWATI. - Mira Wati.pdf5.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.