Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51146
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAziz Fahrurroziid
dc.contributor.advisorSyamsul Arifinid
dc.contributor.authorFarah Nurul Afifahid
dc.date.accessioned2020-06-30T03:21:02Z-
dc.date.available2020-06-30T03:21:02Z-
dc.date.issued2020-04-27-
dc.identifier.urihttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51146-
dc.descriptionط, 55id
dc.description.abstractJudul ini penulis ajukan kerana adanya beberapa masalah, di antaranya: siswa tidak mampu membaca dikarenakan kurangnya latihan membaca teks bahasa Arab dan kurangnya kemampuan siswa dalam melafalkan Bahasa Arab hingga membutuhkan waktu yang lama. Kurangnya motivasi serta minat siswa dalam mempelajari Bahasa Arab menyebabkan siswa tidak memperhatikan guru dengan baik. Selain itu, jam pelajaran Bahasa Arab di sekolah MTs Al-Mursyidiyyah Al‘Asyiirotussyaafi’iyyah Pamulang juga kurang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui secara detail proses pembelajaran teks bahasa Arab serta mengungkap kemampuan siswa dalam memahami teks berbahasa Arab dalam pembelajaran qiro’ah di MTs Al-Mursyidiyyah Al‘Asyiirotussyaafi’iyyah Pamulang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan langkah-langkah berikut: Observasi langsung, wawancara dengan guru Bahasa Arab, melakukan tes tulis dan tes lisan mengenai kemampuan siswa dalam memahami teks berbahasa Arab serta penyebaran angket kepada siswa. Sedangkan populasi yang diambil oleh peneliti adalah siswa kelas VIII tahun ajaran 2019/2020. Adapun hasil dari penelitian terkait proses pembelajaran teks Bahasa Arab adalah guru membaca teks berjudul “Profesi” dengan benar, kemudian guru memerintahkan siswa untuk mendengarkan dan mengulangi bacaan guru. Guru memberi tahu beberapa kosakata baru kemudian menjelaskan arti kosakata. Siswa menanyakan arti kosakata di dalam teks yang tidak dipahami dan guru menjelaskan dengan mengaitkan teks pada kehidupan sehari-hari. Dan guru menggunakan strategi pengajaran aktif di kelas dengan metode tanya-jawab yang berkaitan dengan teks bacaan. Dan guru memerintahkan siswa untuk membaca teks dengan bersuara secara klasikal (bersama-sama) tanpa bimbingan guru. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa proses pembelajaran teks Bahasa Arab belum maksimal dilihat dari hasil tes kemampuan siswa dalam memahami teks berbahasa Arab di kelas VIII memperoleh nilai ratarata 68,07. Dan kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab mencapai kategori “cukup” karena nilai rata-rata yang dicapai antara 60-69.id
dc.language.isoarid
dc.publisherJakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakartaid
dc.subjectKemampuanid
dc.subjectProses pembelajaranid
dc.subjectTeks Bahasa Arabid
dc.title(قدرة الطلاب على قراءة النصوص العربية (دراسة ميدانية وصفية في مدرسة المرشدية العشيرة الشافعيّة المتوسطة الإسلامية بامولانجid
dc.typebachelorThesisid
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SKRIPSI FARAH REV (WM).pdf6.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.