Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50363
Title: Brain-Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam
Authors: Dewi Rosmawaty
Advisors: Muhammad Zuhdi
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Issue Date: Apr-2015
Publisher: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tesis ini membuktikan bahwa pendekatan Brain-Based Learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dapat memudahkan peserta didik dalam belajar Agama Islam serta dapat mengubah mindset peserta didik, yang tercermin dalam sikap dan prilaku peserta didik. Karena semakin diarahkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kepada tindakan-tindakan positif, maka semakin sehat otak yang dimiliki peserta didik dan semakin meningkatkan capaian Pendidikan Agama Islam. Kesimpulan tersebut mendukung beberapa pendapat lain, seperti Eric Jensen yang menyatakan bahwa pembelajaran yang disesuaikan dengan cara kerja otak secara alamiah dapat mengoptimalkan belajar siswa. Senada dengan itu Barbara K. Given juga mengatakan bahwa sistem pembelajaran alamiah otak merupakan kerangka neurobiologis untuk praktik pendidikan dengan didasarkan pada bagaimana otak bekerja. Hal senada dikemukakan oleh Ibrahi>m Yusyu>niy ‘Umayrah yang mengatakan pembelajaran yang mensaratkan adanya pengoptimalan otak dalam berpikir dengan berbagai aktivitas merupakan pembelajaran yang sangat cocok untuk berbagai kalangan usia. Tesis ini berbeda dengan pendapat John T. Bruer yang mengatakan bahwa pendidikan berbasis otak yang terfokus pada cara kerja otak justru telah menyebabkan pengabaian tentang bagaimana cara anak- anak belajar. Ia mengakui neuroscience memang telah menemukan banyak tentang neuron dan sinapsis tapi kesemuanya itu tidak dapat dijadikan panduan dalam praktek pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif etnografis dengan pendekatan neurosains dan ilmu pendidikan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lintas metode, yaitu studi pustaka, wawancara dan observasi sesuai dengan jenis-jenis sumber data yang diperlukan. Sumber Utama dalam penelitian ini adalah hasil observasi, wawancara dan studi dokumen di Sekolah Dasar Islam, Alam dan Sains Al-Jannah Jakarta.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50363
ISBN: 978-602-71900-8-5
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
Dewi Rosmawaty - SPs.pdf4.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.