Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50347
Title: Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Adab Al-‘Alim wa al-Muta’allim dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia
Authors: Saipullah
Advisors: Abuddin Nata
Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan;Pendidikan Karakter
Issue Date: Apr-2018
Publisher: Perpustakaan Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penguatan rasa lebih efektif dibanding penguatan rasio dalam pengembangan diri. Hal tersebut dapat dibuktukan dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang tertuang dalam kitab A<da>b Al-‘A>lim Wa Al-Muta’allim Karya KH. Hasyim Asyari adalah; taqwa, cinta ilmu, zuhud, disiplin, al-qawamiyah, sabar, wira’i, tawad}u, kerja keras/sungguh-sungguh, ikhlas, cinta kebersihan, demokrasi, kasih sayang atau silaturrahim, komunikasi/bersahabat, adil, peduli sosial, dan bersyukur. Tujuh belas Nilai-nilai tersebut sesuai dengan pendidikan karakter yang ada di Indonesia. Nilai pendidikan tersebut terbukti dapat membentuk para santri yang baik dan mendukung kegiatan belajar mengajar yang efektif. Pendapat di atas sejalan dengan pendapat Derek H. Davis (2016) yang menyatakan bahwa pendidikan karakter dapat membantu menciptkan lingkungan belajar yang baik dan efektif, karena pendidikan karakter mengajarkan moralitas agar membentuk pribadi yang bermoral. Thomas Lickona (1991) berpendapat bahwa tujuan pendidikan pada dasarnya membimbing peserta didik agar menjadi cerdas dan memiliki prilaku yang baik. Kata “cerdas” dan “baik” bukanlah satu kata yang sama tetapi dua kata yang berbeda yang membutuhkan pengajaran terpisah. Hasil penelitian ini berbeda dengan pendapat Michael Davis (2003) yang menolak pendidikan karakter dengan tiga alasan. Pertama secara empiris Pendidikan karakter tidak memiliki bukti bahwa karakter tertentu bisa diklem benar atau salah secara mutlak. Kedua, secara konsep, pendidikan karakter terdapat konflik antara karakter yang baik seperti apa yang disebut baik dan bagaimana proses untuk mengajarkan pendidikan karakter secara baik. Ketiga secara moral bahwa pendidikan karakter mengalami kegagalan dalam melakukan hal yang benar untuk alasan yang benar. Contoh: keberanian adalah suatu karkter yang baik. Tetapi keberanian untuk membunuh adalah suatu kesalahan. Menurut William Kilpatrick (1992) bahwa setiap manusia sejatinya adalah baik. Sedangkan faktor lingkungan adalah pernghambat dalam meningkatkan kebaikan itu sendiri. Sejatinya kebaikan itu berasal dari hati nurani manusia bukan dari wilayah rasionalitas manusia. Menurut Marvin W. Berkowitz Dan Melinda C. Bier, bahwa fokus sekolah seharusnya pada prestasi akademik bukan untuk mengentaskan masalah moral. Dengan adanya prestasi para generasi akan mudah melanjutkan apa yang mereka inginkan baik dalam dunia pekerjaan maupun jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sumber primer penelitian ini adalah kitab A<da>b Al-‘A>lim Wa AlMuta’allim Karya KH. Hasyim Asyari diterbitkan oleh maktabah al tura>th al-isla>mi Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur tahun 1415 H/1994 M sebanyak 101 halaman. Sedangkan data sekunder adalah referensi yang berkaitan dengan pendidikan karakter baik berupa buku, majalah, jurnal maupun referensi lain yang relevan dengan penelitian ini, referensi itu diantaranya: Mendidik Untuk Membentuk Karakter karya Thomas Lickona, Peranan Kh. Hasyim Asyari Dalam Kebangkitan Islam di Indonesia karya Dr. H. Ridjaluddin. FN, M.Ag, Guru sejati Hasyim Asyari karya Masyamsul Huda, dan lain-lain. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan deskritif-analisis yaitu dengan mendeskripsikan kitab A<da>b Al-‘A>lim Wa Al-Muta’allim analisis sejarah sosial dalam pendidikan karakter, kemudian dianalisis dengan melakukan kajian secara mendalam tentang nilai-nilai pendidikan karakter dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50347
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
Saipullah - SPS.pdf2.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.