Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50291
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorTonih Feronikaid
dc.contributor.advisorLuki Yunitaid
dc.contributor.authorNidaaid
dc.date.accessioned2020-02-14T07:27:50Z-
dc.date.available2020-02-14T07:27:50Z-
dc.date.issued2020-01-30-
dc.identifier.urihttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50291-
dc.descriptionX,55id
dc.description.abstractHigher Order Thinking Skills (HOTS) rendah pada peserta didik disebabkan oleh kurangnya variasi model pembelajaran yang diterapkan pendidik dalam kegiatan belajar mengajar, sedangkan HOTS adalah salah satu kemampuan yang dibutuhkan pada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap HOTS pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 12 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control grup design dimana dalam peneletian ini menggunakan 2 kelas berbeda, kelas eksperimen berfungsi untuk melihat adanya pengaruh dan kelas lainnya berfungsi sebagai kelas kontrol. Adapun pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 38 peserta didik di masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data diperoleh dari instrumen soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pilihan ganda sebanyak 30 soal. Hasil Uji Hipotesis posttest menggunakan uji-t menunjukkan adanya penolakan H0 dan penerimaan H1 dengan nilai Sig. 2-tailed sebesar 0.016 < α (0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Model pembelajaran Discovery learning dapat melatih Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada peserta didik.id
dc.language.isoidid
dc.publisherJakarta:FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakartaid
dc.subjectFaktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksiid
dc.subjectHigher Order Thinking Skillsid
dc.subjectModel Discovery Learningid
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSIid
dc.typebachelorThesisid
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Nidaa_11150162000026.pdf17.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.