Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50263
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorJoharotul Jamilahid
dc.contributor.authorDiana Sari Fajriatiid
dc.date.accessioned2020-02-14T01:16:09Z-
dc.date.available2020-02-14T01:16:09Z-
dc.date.issued2019-12-16-
dc.identifier.urihttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50263-
dc.description.abstractSkripsi ini mencoba menganalisis penggunaan Instagram dalam membangun personal branding di kalangan komunitas Instameet Indonesia. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan proses membangun personal branding melalui media sosial Instagram serta proses impression management dalam mempertahankan kesan yang telah dibangun. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Skripsi ini menggunakan metode kualitatif. Argumen dirumuskan melalui analisa dengan menggunakan teori dramaturgi sebagai kerangka berpikir utama. Hasil analisa peneliti menemukan bahwa dalam proses membangun personal branding melalui media sosial Instagram, setidaknya terdapat tiga tahapan, yaitu (1) memilih peran; (2) mensetting performance; (3) impression management. Dalam performancenya, Instagrammers memaksimalkan fitur-fitur yang disediakan oleh Instagram. Terdapat beberapa hal yang bisa ditampilkan Instagrammers untuk menunjukkan "siapa aku?" melalui profil Instagramnya, diantaranya: (1) konsep foto; (2) caption foto; (3) Tagline/hashtag. Selanjutnya, setelah suatu kesan atau image telah berhasil melekat pada diri aktor, maka diperlukan adanya pengelolaan kesan untuk mempertahankan kesan yang telah dibangun tersebut. Dalam proses membangun personal branding, Instagrammers memerlukan kinerja tim dari orang-orang di sekelilingnya, terutama dalam hal membuat konten untuk kebutuhan posting Instagram, serta kinerja tim untuk menggerakkan sistem algoritma Instagram. Dengan kata lain, situasi dan kesan yang diproyeksikan di Instagram merupakan hasil kerjasama lebih dari satu orang.id
dc.language.isoidid
dc.publisherFISIP UIN Jakartaid
dc.subjectPersonal branding, Impression Management, Tim, Instagrammersid
dc.titleInstagram sebagai Media Sosial untuk Membangun Personal Branding di Kalangan Komunitas Instameet Indonesia di Jakartaid
dc.typebachelorThesisid
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DIANA SARI FAJRIATI.FISIP.pdf2.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.