Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50111
Title: Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Bercerita Dengan Media Wayang Huruf di Kelompok B Taman Asuh Anaka Muslim (TAAM) Annisa, Depok
Authors: Sarah Ayu Angelica
Advisors: Dr. Siti Khadijah, MA.
Keywords: Kata Kunci: Kemampuan membaca permulaan, metode bercerita, media wayang huruf
Issue Date: 20-Jan-2020
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: ABSTRAK Sarah Ayu Angelica 11150184000050 Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Bercerita Dengan Media Wayang Huruf di Kelompok B Taman Asuh Anak Muslim (TAAM) Annisa, Depok. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan media wayang huruf pada kelompok B TAAM Annisa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi masalah yang terjadi di dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pelaksanaan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TAAM Annisa yang berjumlah 12 anak. Objek pada penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang dicapai adalah sebesar minimal 75% dari 12 anak untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan setiap siklus terdapat 5 kali pertemuan yang menjadikan 10 kali pertemuan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan membaca permulaan di kelompok B mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan membaca permulaan di kelompok B terlihat dari indikator menyebutkan A-Z, menyebutkan huruf-huruf vocal, menyebutkan huruf-huruf konsonan, menunjukkan A-Z, menyebutkan huruf pada media wayang huruf, menyebutkan huruf pada namanya dan membaca nama, menceritakan kembali cerita yang didengar, bertanya seputar cerita yang disampaikan oleh guru, melengkapi huruf menjadi kata dengan menggunakan huruf kapital dan kecil, membaca kata pada media wayang huruf, membaca sebuah kalimat SPOK, melengkapi kata menjadi kalimat sederhana, membaca kalimat sederhana 6-7 kata dari cerita. Peningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B melalui metode bercerita dengan media wayang huruf dalam pelaksanaan pra tindakan 33,32%, pada saat siklus I kenaikannya sebesar 57,81% karena masih kurang untuk mencapai kriteria yang ingin dicapai maka kriteria yang dicapai dilanjtkan pada siklus II yaitu sebesar 83,29% peningkatan ini telah melampaui target yang diharapkan setelah diberikannya siklus II. Dengan perolehan tersebut maka penelitian dihentikan hingga siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50111
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Sarah Ayu Angelica (11150184000050).pdf2.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.