Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49998
Title: Efektivitas Sesi Poster dengan Metode Gallery Walk dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Konsep Animalia
Authors: Siti Maziyatul Muslimah
Advisors: Dr. Ahmad Sofyan, M.Pd
Meiry Fadilah Noor, M.Si
Keywords: Gallery Walk;Inkuiri Terbimbing
Issue Date: 3-Jan-2020
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sesi poster dengan metode Gallery Walk dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep animalia. Penelitian ini dilakukan pada kelas X SMAN 5 Tangerang Selatan tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan metode quasi eksperimen yang menggunakan desain penelitian non-equivalen control grup design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel purposive, dengan kelas kontrol terdiri dari 35 siswa dan kelas eksperimen terdiri dari 36 siswa. Instrumen berupa pilihan ganda, lembar kerja peserta didik, lembar observasi kegiatan pembelajaran dan sesi poster. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang menerapkan sesi poster dengan metode gallery walk adalah 82,96 dengan standar deviasi 3,89, sedangkan ratarata hasil belajar kelas kontrol yang tidak menerapkan sesi poster adalah 79,14 dengan standar deviasi 4,30. Hasil uji Mann-whitney melalui aplikasi SPSS 22, pada taraf α = 0,05 menunjukkan nilai signifikansi 0,001, hal tersebut menyimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak yang artinya sesi poster dengan metode Gallery Walk pada pembelajaran inkuiri terbimbing efektif terhadap hasil belajar siswa pada konsep animalia.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49998
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
SKRIPSI SITI MAZIYATUL MUSLIMAH (WATERMARK).pdf11.85 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.