Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49947
Title: STRATEGI PENGEMBANGAN ASURANSI SYARIAH PEMAKAMAN DI INDONESIA: Sinergi antara Perusahaan Asuransi Syariah dan Lembaga Pemakaman Komersial
Authors: Abdul Ghoni
Advisors: Prof. Dr. H. Fathurrahman Djamil, MA
Keywords: Asuransi Syariah;Pemakaman
Issue Date: Dec-2018
Publisher: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Industri Asuransi Syariah memiliki rasio penetrasi yang relatif masih kecil dibandingkan dengan rasio penetrasi asuransi konvensional. Untuk meningkatkan penetrasi pasar, industri Asuransi Syariah perlu melakukan inovasi produk, salah satunya adalah produk Asuransi Syariah mikro, yaitu Asuransi Syariah Pemakaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang tepat dalam mengembangkan produk Asuransi Syariah Pemakaman. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, secara kuantitatif menggunakan metode AHP (analytical hierarchy process). Teknik ini digunakan untuk mengetahui prioritas dari elemen-elemen produk Asuransi Syariah Pemakaman, secara kualitatif penelitian ini menggunakan pendekatan etnometodologi, untuk mengetahui strategi pengembangan Asuransi Syariah Pemakaman di Indonesia. Kesimpulan disertasi adalah bahwa pengembangan Asuransi Syariah Pemakaman menjadi lebih efektif melalui kerjasama produk dengan lembaga pemakaman. Strategi pengembangan Asuransi Syari- ah Pemakaman di Indonesia terbagi menjadi 2 aspek, yaitu strategi pengembangan bisnis Asuransi Syariah Pemakaman dan strategi pengembangan produk Asuransi Syariah Pemakaman.Strategi pengem- bangan bisnis Asuransi Syariah Pemakaman, terdiri dari; (1) Kerjasama dengan lembaga, baik itu dalam bentuk perusahaan, yayasan, asosiasi, dan organisasi yang memberikan layanan pemakaman, (2) melalui skema kumpulan, yaitu skema bisnis dalam bentuk polis induk Asuransi Syariah Pemakaman, (3) melakukan edukasi pasar dengan cara yang efektif dan efisien, baik melalui promosi maupun literasi di kurikulum sekolah, serta khususnya melalui jalur keagenan. Kesimpulan ini bertentangan dengan hasil penelitian oleh Erlend Berg yang berjudul Securing The Afterlife: The Puzzle Of Funeral Insurance dan juga oleh Brown yang berjudul Microinsurance: The risks, perils and opportunities. yang menyatakan bahwa asuransi mikro dapat dipasarkan secara sendiri. Penelitian ini juga memperkuat penelitian-penelitian yang dilakukan oleh Nitesh Behare yang berjudul Funeral Insurance an Innovative Product a Study with Reference to Pune City dan Stefan Dercon yang berjudul Group-ix based Funeral Insurance in Ethiopia and Tanzania, oleh James Brau dan oleh Muhammed Altuntas serta oleh Abhijit Banerjee yang berjudul Bundling Health Insurance and Microfinance in India: There Cannot be Adverse Selection if There Is No Demand yang menyatakan bahwa Asuransi Syariah mikro sebaiknya dipasarkan dengan produk bersama dengan lembaga tertentu.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49947
ISBN: 978-602-5668-623
Appears in Collections:Disertasi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Abdul Ghoni -- SPS.pdf5.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.