Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49782
Title: RELIGIUSITAS REMAJA (Studi Kasus MTs Assalafiyah Sitanggal, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes)
Authors: Animatun Fatimah
Advisors: Marzuqoh
Issue Date: 15-Jan-2020
Abstract: Skripsi ini ditulis berawal dari ketertarikan mengenai religiusitas remaja yang berada di sekolah formal yang berbasis agama, dimana masalah-masalah yang terjadi tidak sesuai dengan visi misi dan tujuan itu sendiri dimana terdapat kenakalan remaja yang mengakibatkan tidak sesuai dengan ajaran agama, kasus terkini mengenai siswa MTs meninggal akibat dianiaya oleh teman kelasnya. MTs merupakan lembaga formal yang bergerak dibedakan pendidikan yang lebih fokus terhadap nilai-nilai agama. Salah satu masalah yang dihadapi pada masa remaja yaitu adanya masa transisi yang menjadikan emosi remaja kurang stabil. Untuk itu dibutuhkan keyakinan dan pengamalan yang kuat terhadap keagamaan remaja guna mengurangi perilaku-perilaku yang menyimpang dalam ajaran agama. Tujuan dari penelitian ini adalah guna untuk mengetahui, 1) efektivitas religiusitas remaja di MTs Assalafiyah Sitanggal, 2) seberapa kontribusi MTs Assalafiyah Sitanggal dalam meningkatkan religiusitas siswa-siswinya. MTs Assalafiyah Sitanggal salah satu lembaga formal yang bergerak di bidang umum dan keagamaan, yakni menanamkan nilai-nilai keagamaan lebih dan ilmu-ilmu umum kepada siswa-siswi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dangan menggunakan pendekatan psikologi agama. Selain mendapatkan data dari perpustakaan penulis juga melakukan wawancara dan observasi langsung kelapangan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII MTs Assalafiyah Sitanggal, Kabupaten Brebes, penelitian ini dilakukan untuk memperlihatkan sejauh mana religiusitas remaja yang berada di MTs Assalafiyah Sitanggal. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa religiusitas remaja di MTs Assalafiyah Sitanggal, memiliki tingkatan yang berbeda-beda, perbedaan yang menonjol pada dimensi ritualistik intelektual, dan dimensi konsekuenstial. Selain itu peran MTs Assalafiyah Sitanggal dalam meningkatkan religiusitas berperan baik terhadap siswasiswinya, namun ada yang dilupakan mengenai psikologi agama remaja bahwa tidak semua siswa-siswinya bisa menerima semua peraturan yang dibuat sekolah.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49782
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
FATIMAH Br.pdf3.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.